Ratusan Napi Lapas Brebes Dapat Remisi Umum HUT ke 77 RI

MITRAPOL.com, Brebes Jateng – Ratusan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Brebes mendapat Remisi Umum (RU) di Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022.

Bertempat di Ruang Layanan Terpadu Lapas Kelas IIB Brebes dilaksanakan kegiatan Penyerahan secara simbolis Remisi Umum kepada Narapidana dan Anak oleh Bupati Brebes Idza Priyanti yang didampingi Kepala Lapas Klas IIB Brebes Isnawan. Amd.IP.,SH.,MH. Rabu (17/08/2022).

Hadir juga dalam acara tersebut Forkompimda Brebes yaitu Kapolres Brebes diwakilkan oleh Wakapolres Kompol Areansa, Letkol Tentrem Basuki Dandim 0713 Brebes, Mirnawati Kajari Brebes, serta seluruh Pejabat Struktural Lapas Klas IIB Brebes.

Kalapas Brebes Isnawan menuturkan bahwa pada HUT RI Ke-77 Tahun 2022 Jumlah penghuni saat ini 290 orang dari Kapasitas 161 orang. Sebanyak 208 narapidana mendapatkan remisi umum (RU) atau pengurangan masa hukuman, dimana remisi diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat administratif maupun substantif, sesuai Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan serta Kepres Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

“Syarat administratif yakni narapidana yang bersangkutan sudah divonis, atau mendapat kekuatan hukum tetap, serta sudah menjalani masa hukuman minimal 6 bulan masa pidana untuk kasus pidana umum,” ungkapnya.

Kepala Lapas Klas IIB Brebes Isnawan. Amd.IP.,SH.,MH.

Dari 208 Narapidana dan Anak yang mendapatkan Remisi Umum pada Tahun ini terdiri dari Remisi Umum I (RU I) sebanyak 204 Narapidana, dan Remisi Umum II (RU II) sebanyak 4 Narapidana.

Satu Narapidana mendapatkan Remisi Umum 1 bulan, dan langsung bebas atas nama M. Warisin (Kasus Pencurian Vonis 1 tahun 10) dari (Balapulang, Tegal).

“Karena pemberian remisi di tahun ini ada satu Narapidana yang bebas, maka jumlah Wargabinaan saat ini di Lapas Brebes sebanyak 289 orang,” pungkas isnawan

Sementara itu Bupati Brebes Idza priyanti menyampaikan,”Semoga lewat pemberian remisi, membuat warga binaan yang mendapatkannya, bisa lebih baik lagi hidupnya, dan buat yang bebas Jadilah insan yang taat hukum,insan yang berakhlak mulia dan berbudi luhur,serta insan yang berguna bagi pembangunan bangsa. Di karenkan sekarang dalam masa pandemi Covid-19 saya berpesan selalu patuhi protokol kesehatan,” tutur Idza

 

 

Pewarta : Imaeel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.