Yuk ! Sayangi Buah Hati Kita dengan Stop pengendara di bawah umur

Foto ilustrasi by google

MITRAPOL.com, Pati Jateng – Pengendara di bawah umur terutama yang menggunakan kendaraan roda dua sering kali terlihat di jalan dengan tidak memakai kelengkapan berkendara.

Kadang mereka berboncengan tiga tanpa memakai helm, yang sangat membahayakan keselamatan dirinya dan juga membahayakan keselamatan pengendaran lain, sebab pengendaran dibawah umur masih belum memiliki teknik yang cukup saat berkendara dan juga tentang pengetahuan lalu lintas yang masih rendah.

Pengendara di bawah umur juga melanggar Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 77 ayat 1 yang berbunyi “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan”.

Dan Pasal 81 ayat 2 yang menjelaskan bahwa untuk mendapatkan SIM setiap orang harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya usia untuk SIM A, C dan D minimal 17 tahun, 20 tahun untuk SIM B I dan 21 tahun untuk SIM B II.

Jika belum memiliki SIM, pengendara motor di bawah umur dapat dikenai pasal 281 yang berbunyi,“setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki SIM dapat dikenakan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta”.

Kapolres Pati AKBP. Cristian Tobing melalui Kasat Lantas AKP. Endah Setianingsih mengungkapkan pengendara usia dibawah umur melanggar Undang Undang No 22 tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Hal tersebut di sampaikan oleh Kasat Lantas saat di hubungi melalui sambungan telephone. Hari Selasa, (16/08).

Endah mengharapkan kesadaran dari masyarakat juga peran serta dari orang tua agar tidak mengizinkan anak dibawah umur untuk menggunakan kendaraan bermotor, demi keselamatan dirinya juga keselamatan pengendaran lain.

“Sadar dalam berlalulintas bagi masyarakat adalah hal terpenting untuk terciptanya Kamtiblancartas dan mengurangi resiko kecelakaan.” Jelas Endah

 

 

Pewarta : Imaeel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.