Bupati Buton Utara, Ridwan Zakariah Serahkan Bantuan Alat Pertanian ke 15 Kelompok Tani di Butur

MITRAPOL.com, BUTUR – Sebanyak 15 kelompok tani di Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) keciprat peralatan pertanian dari pemerintah setempat. Kamis 18 Agustus 2022.

Peralatan pertanian dimaksud berupa power thresher atau mesin perontok gabah untuk sepuluh kelompok tani. Masing-masing kelompok mendapat satu unit. Serta lima unit corn sheller atau mesin perontok jagung untuk lima kelompok lainnya.

Bupati Buton Utara, Muhammad Ridwan Zakariah, menyerahkan bantuan itu langsung ke masing-masing kelompok penerima. Bantuan itu merupakan jawaban atas kebutuhan kelompok tani. Yang baru saja selesai melakukan panen dengan luas lahan 10 sampai 18 hektar.

Bupati Butur Ridwan mengatakan bantuan tersebut merupakan program pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian. Yang diusulkan Pemkab Butur sesuai kebutuhan Kelompok tani.

Menurutnya Ridwan Zakaria, jika hasil pertanian di Butur menunjukan trend positif dengan sistim pengelolaan lahan yang baik. Tidak menutup kemungkinan pemerintah pusat kembali mengucurkan bantuan serupa baik itu berupa peralatan pertanian atau jenis lainnya.

Kepada kelompok tani penerima bantuan, Bupati Butur berharap agar dapat memanfaatkan bantuan itu dengan baik. Sehingga kerja-kerja petani lebih efisien dan bisa mendorong peningkatan produktivitas petani. Agar kebutuhan pangan terjamin dan pendapatan ekonomi masyarakat di Butur bisa meningkat.

Kelompok tani penerima bantuan itu antara lain kelompok tani Suka Damai, Lanoipi Tani Mandiri, Pade Angen, Bucu Berkembang, Tangkawali, Hijau Bumi Tomoahi, Kampenalo, Lagundi Jaya, Walembu Jaya, Usaha Tani, Sumber Maju, Bina Lestari, Lobu Jaya, Lagito 01 dan kelompok tani Sinar Roko.

Dalam penyerahan bantuan secara simbolis itu, Ridwan Zakariah didampingi Wakil Bupati Butur Ahali, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sahrun Akri, Pasipers Kodim 1429 Butur dan Kadis Pertanian Ir Yusuf.

 

Pewarta : David Wiridin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.