Peringati Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Bendera Merah Putih berkibar di Tugu Katulistiwa KM 00 Kutai Kartanegara

MITRAPOL.com, Kalimantan Timur – Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia bisa dilakukan dimana saja, contohnya Masyarakat Santan Unu Kukar Kalimantan Timur dan Komunitas All Bikers Bontang (ABB) sukses melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih di Tugu Kalustiwa Kutai Kertanegara, Rabu (17/8/2022).

Kegiatan tersebut berawal dari keinginan pengurus Yayasan Laksana Abdi Bangsa Mandiri (LABM) Purworejo Jawa Tengah untuk menjawab pertanyaan konon ada hubungannya antara titik 00 – Jatinegara Jakarta Timur dengan titik 00 – Kutai Kertanegara Kalimantan Timur yang di sampaikan para pendahulu dengan adanya kesamaan.

Staff Redaksi Mitrapol Iwan Darmawan yang sedang bertugas di Kali Orang Kutai Timur Kalimantan Timur mengatakan, saya berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menggugah generasi penerus bangsa terkait sejarah hubungan Jatinegara – Kutai Kertanegara.

Lanjut Iwan, dalam kegiatan ini saya mengajak tokoh masyarakat Kaliorang, pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Laskar Merah Putih (LMP) Marcab Kaliorang, Jati Gunawan, untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di Kutai Kertanegara, ujarnya.

Walau agenda LMP Kali Orang yang sangat padat terkait dengan pengabdian terhadap masyarakat lingkungan, ia tidak dapat mewakilkan anggota untuk ikut serta, akan tetapi memberikan Restu dan Doa agar agenda acara “Touring dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Kutai Kertanegara” dapat di laksanakan dengan sukses.

Masih hal yang sama, adanya kegiatan ini Allhamdulilah disambut positif dan Antusias dari Staff Dinas Pariwisata Kukar Andi, ia dengan sungguh – sungguh mendukung pelaksanaan Pengibaran Bendera Merah Putih di Tugu Katulistiwa tersebut.

Jela Iwan, kegiatan ini mulai berangkat dari kaliorang Selasa 16 Agustus 2022, Pukul 10.00 WIT, perjalanan sebagai biker dadakan di jalankan dengan penuh semangat. Jarak tempuh 168 KM yang seharusnya di tempuh dalam 5 Jam di tempuh dengan cukup panjang karena kesalahan penentuan titik tujuan, sehingga harus putar balik, selain itu juga karena adanya perjalanan di malam hari yang cukup berbahaya,” jelasnya.

Dan akhirnya baru tiba di titik tujuan Pukul 21.00 WIT. Dan akhirnya disambut pihak keluarga Juli, dengan menyediakan tempat bermalam dan sekaligus semangat besar mendukung pelaksanaan Pengibaran Bendera esok harinya Rabu 17 Agustus 2022. Pukul 09.00 WIT.

Juli pun mempersiapkan Bendera Merah Putih untuk di bawa dari Kaliorang Kutai Timur, dan mengikatnya pada tiang berupa pipa paralon, juga meminta sang istri untuk menyiapkan makanan alakadarnya untuk peserta yang ikut upacara pengibaran bendera di Tugu Katulistiwa,” imbuhnya.

Beberapa penduduk, Juli (Nganjuk), pak de (Bugis), Sumar (Probolinggo), Andi (Medan), dan Staff Redaksi (Iwan Darma -Jakarta), berjalan bergagas beriringan ke arah Tugu Katulistiwa sesuai rencana pengibaran yang akan dilaksanakan pada Pukul 10.00 WIT.

Dalam menjelang waktu tiba dan persiapan acara, datanglah Komunitas Biker All Biker Bontang (ABB), menyatakan bersedia bergabung dalam acara Pengibaran bendera Merah Putih tersebut, atas nama ; Kaltim Rider, GBC, Shocked, WBC Bontang, Sascb, Lbk, Mtc dan BMac, Yang di Ketuai Heri Bontang.

Tepat Pukul 10.00 WIT upacara pun di mulai, untuk Pembina upacara Iwan Darma Staff Redaksi mitrapol, Pemimpin Upacara Heri Pembawa Acara Asmi, dan Dokumentasi dari pihak All Bikers Bontang (ABB). Dimulai dengan perapihan barisan, di lanjutkan dengan pengawalan dan memberikan bendera merah putih ke Andi, untuk diikatkan ke menara oleh Juli, lalu
Lagu Indonesia Raya di nyanyikan dengan penuh semangat bersamaan, dengan diikatnya bendera di Tugu Katulistiwa.

“Berkibarlah Benderaku.. Bersemangat Lah Suku Bangsaku.. Titik 00 Kutai Kertanegara, adalah tanda dari Para Leluhur, Pendiri Bangsa.

“Jati Negara (Jati Diri Kaum Nagara, Kertanegara (Karta-Aturan dalam menjalankan Negara), untuk Mercusuar kembali Nusa Bangsa Indonesia, Merdeka!!! Merdeka buat selama-lamanya,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Iwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.