Alma Alfianita, S.Pd, Putri Pendidikan Aceh 2022 Adakan Baksos Donor Darah Bersama PMI DKI Jakarta

MITRAPOL.com, Jakarta – Duta pendidikan Indonesia mengadakan Sosialisasi dan donor darah Bersama PMI DKI Jakarta Dalam rangka memperingati HUT RI ke-77

Dengan tema “Bersinergi menyehatkan negeri Melalui donor darah peduli”

Turut hadir, Syaifuddin selaku pengurus PMI DKI Jakarta, Kanit Binmas AKP Supriyono, Pengamat Kebijakan Publik Sudarsono Hadisiswoyo dan Arif Rahman serta Isak Hari sebagai Pengurus PMI DKI Jakarta.

Alma Alfianita sebagai Puteri Pendidikan Aceh 2022 mengadakan kegiatan ini bekerjasama dengan PMI dan Forum Kartika Indonesia.

“Ini merupakan acara pertama yang saya adakan selama menjabat sebagai Duta Pendiidkan. Kegiatan ini merupakan program khusus kesehatan yang dilakukan oleh Putera-Puteri Pendidikan Indonesia yang bertujuan membantu masyarakat meningkatkan derajat kesehatannya. Sehingga, masyarakat dapat lebih memahami makna menjaga hidup bersih dan sehat serta bagaimana masyarakat bisa memaksimalkan proses kehidupan dengan menjaga pola kesehatan yang baik dan benar.

Acara “Go Healthy” sudah ada dari tahun 2020, ini program khusus dari duta pendidikan yang dirancang khusus oleh founder dari Putera Puteri Pendidikan yaitu Febi Oktora, semoga kami bisa memaksimalkan peran kami sebagai duta pendidikan diseluruh provinsi, karena mendapat gelar ini sangat berat, butuh proses yang panjang, intinya bisa bertanggung jawab dengan gelar amanah yang di emban”.

Dengan adanya kegiatan positif seperti ini tentunya bisa bermanfaat juga untuk orang lain, saya senang bisa berbagi ilmu, selama saya menjadi moderator banyak hal yang saya dapatkan dari Dr. Dian Winarti, M. Biomed bahwa ternyata untuk melakukan donor darah itu tidak bisa sembarangan, kita harus sehat, donor harus juga sesuai golongan darah A untuk A, darah O untuk O dan seterusnya, dan pastinya kalau mau donor darah kita harus jujur saat melakukan donor darah. karena ini sangat penting.

“Selama di atas panggung juga saya sempat tanya terkait berat badan juga, ternyata ini sangat berpengaruh, karena saya sendri ingin turut merasakan donor darah, sebelumnya saya tidak pernah melakukan donor darah, karena darah saya rendah”.

Dr. Dian Winarti, M. Biomed mengatakan bahwa Donor Darah adalah suatu gaya hidup sehat, untuk pendonor minimal berat badan 45kg usia minimal 17 tahun dan maksimal usia tidak dibatasi yang penting sehat. Untuk pendonor darah perlu tidur yang cukup minum air putih 2 gelas sebelum donor dan 2 gelas setelahnya. Istirahat 15 hingga 30 menit setelah donor untuk menstabilkan kondisi tubuh, Pengambilan darah sekitar 350 cc sampai 450 cc.

Pengamat kebijakan publik Sudarsono Hadisiswoyo, Pendidikan Kesehatan mempunyai peran penting dalam mewujudkan manusia yang sehat dan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat luas. Juga perlunya Pendidikan Kesehatan masuk sebagai mata pelajaran formal disekolah-sekolah. Karena Pendidikan kesehatan merupakan bagian dari promosi kesehatan, yaitu suatu proses untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya.

Tidak hanya mengaitkan diri pada peningkatan pengetahuan, sikap dan praktek kesehatan saja, tetapi juga meningkatkan atau memperbaiki lingkungan baik fisik maupun non fisik dalam rangka memelihara kesehatan.

Pengurus PMI DKI Jakarta, Syaifuddin mengatakan, “PMI DKI Jakarta membutuhkan darah 1200 kantong perhari, ini harus dipenuhi untuk saudara kita yang membutuhkan, darah dari para pendonor harus diproses dulu dan bebas dari HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis. Harus dipisahkan plasma dan trombosit,” ujarnya. Jumat, (19/8/2022).

Darah dibagikan di 150 Rumah Sakit di DKI Jakarta, 400 di Rumah Sakit Jabodetabek, disiapkan donor di 5 wilayah PMI.

 

Pewarta : Shem Mp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.