Kepala Desa Marobea bangun Jalan Usaha Tani

MITRAPOL.com, Muna Barat Sultra – Kepala Desa Marobe Muslim Salim, S.Pd, selaku Pemerintah Desa Marobea Kabupaten Muna Barat (Mubar) melakukan kegiatan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) Desa Marobea kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Minggu (21/8/2022).

Muslim Salim, S.Pd, atau yang biasa disapa Cak Imin yang juga merupakan Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Mubar, mengambil langkah membangun Jalan Usaha Tani yang akan menghubungkan Jalan menuju tempat perkuburan umum (TPU) Desa Marobea. sekaligus melakukan penimbunan jalan usaha tani (JUT) dengan panjang 500 meter, Luas 4 meter memerlukan batu kapur 320 ret, menggunakan Exsafator, grader, juga vibro

Cak Imin mengatakan,”awalnya untuk Lokasi pemakaman Umum ini direncananakan di perkuburan lama di Kanghuse-ghuse, tetapi setelah kami melakukan survey untuk pembangunan JUT menuju lokasi perkuburan bersama Pendamping Desa, TPK Desa, Kepala dusun, juga beberapa tokoh masyarakat Marobea, ada salah seorang masyarakat yang mempunyai lahan tidak mengizinkan lahannya untuk dihibahkan jalan menuju perkuburan lama Kanghuse-ghuse.

Dengan kondisi ini saya memilih mengalah untuk tidak melanjutkan di lokasi tersebut karena saya tidak mau memaksa masyarakat saya.

Atas dasar tersebut saya bermusyawarah bersama keluarga dan langsung mendapat restu dari Ibu kami untuk menghibahkan tanah untuk Lokasi TPU dan Jalan Usaha Tani (JUT) menuju lokasi TPU tersebut.

Pembangunan jalan usaha tani (JUT) ini adalah Program yg telah disepakati Musrenbang Desa Marobea Tahun 2021 dan kegiatan yang telah termuat di APB Desa Tahun 2022. Pembangunan Lokasi TPU ini adalah salah Satu kegiatan yang Sangat Mendesak Untuk dilaksanakan Karena melihat Kondisi tempat perkuburan umum (TPU) yang telah ada di Desa Marobea sekarang ini sudah Sangat Padat dan diperkirakan pemakaman yg ada sekrang ini 2 -5 Tahun mendatang pemakaman sudah terisi penuh.

Selain itu juga dengan pelaksanan pembangunan tempat perkuburan umum (TPU) baru ini akan dilaksanakan penataan Ulang untuk lebih menata letak makam agar ruang yg tersedia dimanfaatkan semaksimal mungkin .Pengalokasian Anggaran tempat perkuburan umum (TPU) dan jalan usaha tani (JUT) ini berasal dari Anggaran Dana Desa yang sebesar Rp. 134.167.800.

 

 

Reporter : Laode Abubakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.