Pemkab Toba, Forkopimda bersama masyarakat berkomitmen memberantasan Kejahatan Seksual terhadap Anak

MITRAPOL.com, Toba – Pemerintah Kabupaten Toba, Forum Pimpinan Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama masyarakat menandatangani komitmen bersama dalam rangka pemberantasan tindak pidana (TP) Narkoba, Kejahatan Seksual terhadap Anak, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Balapan Liar di Kabupaten Toba.

Pada rangkaian acara tersebut, digelar juga Sosialisasi Pemberantasan ke-4 TP tersebut di Aula SMK Negeri 1 Soposurung, Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Senin (22/08/22).

Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus dalam kata sambutannya meminta seluruh masyarakat untuk saling mengawasi lingkungan, mengawasi anak- anak, jangan dibiarkan mereka terjerumus ke dalam bahaya narkoba dan tiga Tindak pidana lainnya.

Salah satu caranya, menurut Bupati Poltak Sitorus adalah mengisi waktu dengan hal-hal yang baik dan tidak bergaul dalam lingkungan yang tidak baik.

Dikatakan juga agar mempelajari bahaya narkoba yang sangat berbahaya. Narkoba itu tidak keren. Katakan tidak kepada Narkoba.

Ia menceritakan pengalamannya ketika tinggal di Negara Amerika Serikat, ia tidak pernah terpengaruh narkoba maupun terpengaruh lingkungan yang kurang baik.

Jadi dimulai dari sendiri hingga ke dalam keluarga. ” Saya dan keluarga mengatakan tidak kepada narkoba,” kata Bupati Poltak Sitorus sembari mengajak peserta menyorongkan telapak tangan kanan dan secara bersama-sama mengucapkannya.

Selanjutnya, Tiga narasumber memberikan sosialisasi yang dimulai Ketua Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Sumatra Utara Munirudin Ritonga yang mengatakan hak anak yang diatur di UU No 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak, yaitu salah satunya menghormati orang tua, wali dan guru, dan mendapat perlindungan dari kekerasan.

Dilanjutkan dengan materi dari Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematangsiantar, Dr. Tuangkus Harianja yang menyampaikan apa dan bagaimana bahaya narkoba tersebut.

Terakhir Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb sebagai narasumber ketiga memberikan pemaparan dan ajakan kepada peserta terutama siswa agar tidak melakukan balapan liar dan melanggar aturan berlalu lintas di jalan raya.

Dipenghujung acara, Bupati Poltak Sitorus, Wakil Bupati Tonny M. Simanjuntak, Kapolres Taufiq Hidayat Thayeb, Kajari Toba Samosir Baringin SH. MH, tokoh masyarakat, tokoh agama, Ketua TP PKK Kabupaten Toba Ny Rita Marlina Poltak Sitorus dan Wakil Ketuanya Ny Erna Grace Tonny M. Simanjuntak, dan peserta lainnya membubuhkan tandatangan di spanduk komitmen bersama yang disediakan panitia.

 

Pewarta : Abdi.S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.