Sidang Perdana Fakar Suhartami, Dugaan Perjudian dan Penipuan “Binomo”

MITRAPOL.com, Medan – Fakar Suhartami Pratama (31) didakwa dalam perkara dugaan praktik perjudian sekaligus penipuan dengan menggunakan informasi elektronik atau dokumen elektronik, sehingga merugikan para korban.

Persidangan perdana dengan agenda pembacaan dakwaan disampai Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Medan Candra Naibaho dalam persidangan virtual di ruang Cakra-8 Pengadilan Negeri Medan, Selasa (23/8/2022).

Menurut JPU dalam dakwaan yang dibacakan dihadapan majelis hakim diketuai Marliyus MS, peristiwa itu berawal tahun 2019, terdakwa dihubungi saksi Brian Edgar Nababan selaku customer support Binomo pada perusahaan Rusia 404 group, melalui email perusahaan.

Terdakwa Fakar Suhartami Pratama diminta untuk membuat konten video promosi Binomo. Setelah selesai membuat konten video, terdakwa menerima pembayaran dari Perusahan Binomo sebesar Rp 25 juta.

Selain itu, terdakwa juga membuat konten video Binomo lain yang diunggah di media sosial youtube, instagram/instagram story dan website http://fakartrading.com sehingga orang yang mempunyai jaringan internet dapat membuka dan menontonnya.

Ujungnya banyak yang tertarik untuk bermain binomo dan belajar mengikuti kursus trading binomo yang diajarkan terdakwa, antara lain Saksi Gentur Ratih Ayu Widari, Debora Novina Ambarita, Johan Christian Lumbantobing, Ibrahim Oaedi dan saksi Said Fuad Abbad.

Disebutkan pula, setiap orang yang mau mengikuti kelas Fakartrading Binomo terlebih dahulu diwajibkan membayar sejumlah uang yang ditransfer ke rekening mandiri atas nama terdakwa Fakar Suhartami Pratama.

Selanjutnya orang yang telah terdaftar dalam kelas kursus fakartrading binomo, dimintai nomor handphonenya untuk dimasukkan ke dalam grup media sosial telegram Fakartrading Binomo yang dikelola terdakwa.

Tujuannya agar terdakwa beralamat di Jl. Pelita VI No 2 Sidorame Barat II Medan Perjuangan dan Perumahan Citraland Cluster Granadines Blok H 5 D No 32, Medan Tembung, kota Medan, dengan mudah untuk memotivasi dan memberikan tutorial agar bisa berhasil menebak nilai yang terdapat di dalam permainan Binomo.

Kacaunya, meski telah mengikuti tutorial yang diajarkan terdakwa pada saat bermain binomo, namun para pemain tetap mengalami kekalahan, sebut JPU dalam persidangan yang dihadiri penasehat hukum (PH) terdakwa, Stella Guntur dari Kantor Hukum Hasrul Benny Harahap.

Awal untuk bermain, Klik Ikon pada aplikasi atau web Binomo Pilih Motede Pembayaran, dideposit minimal Rp. 140.000. Pilih Deposit, Pilih Bank yang akan digunakan, Klik BCA, Mandiri Internet Banking, BNI Internet Banking, Bank BRI Internet Banking, Permata Bank, Bank Sampoerna, dan Bank Sinarmas.

Cara bermain Binomo, papar JPU, pemain dihadapkan pada 2 pilihan, kemudian hanya menebak harga suatu instrumen keuangan akan mengalami kenaikan atau penurunan dalam waktu tertentu.

Apabila tebakannya benar, akan mendapatkan keuntungan yang besarnya tidak sampai 100% dari jumlah uang pasangan. Namun apabila tebakannya salah, maka pemain akan menderita kerugian sebesar 100% dari jumlah uang pasangan.

Keikutsertaan para saksi korban sebagai member pada permainan Binomo, membuat terdakwa selaku Affiliator mendapatkan keuntungan Rp 80 juta, baik pada saat para pemain mengalami kemenangan maupun pada saat para pemain mengalami kekalahan.

Terdakwa diancam Pasal 45 ayat (2) jo. Pasal 27 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan terdakwa juga diancam pidana dalam Pasal 378 KUHP.

 

Pewarta : ZH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.