Dengan bergotong royong, Warga Kp. Kasepen bersihkan Pemakaman Umum

MITRAPOL.com, Pandeglang Banten – Gotong royong merupakan istilah untuk bekerja bersama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan, hari ini warga Kp. Kasepen dan Kp. Botok desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang Banten bersama-sama kerja bakti membersihkan Pemakaman Umum yang ada didekat Lapangan Bola di belakang villa Manggris.

Di tengah-tengah berjalannya kerja bakti, dari keterangan warga yang ikut serta menuturkan bahwa kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap tahun dengan tujuan memupukkan semangat kerja sama, gotong royong, dan guyup rukun antar sesama.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh orang dewasa saja, namun para pemuda pun ikut aktif dalam kegiatan ini. Adapun tujuan lain dari dilaksanakannya kegiatan kerja bakti bersih-bersih makam ini adalah memberikan kenyamanan kepada para peziarah yang akan melaksanakan ziarah kubur di makam sanak saudaranya yang ada di makam dusun Dempok ini.

Pak Med sapaan sehari-hari ini menerangkan ke Mitrapol.com, bahwa kegiatan kerja bakti pembersihan makam ini dalam rangka membersihkan makam leluhur agar terlihat rapi dan bersih dari rerumputan, sasaran kali ini adalah pembersihan semak, rumput dan sampah di area makam. Rabu, (24/8/2022).

Lanjutnya, menjaga lingkungan sekitar adalah tanggung jawab bersama setiap warga. Kondisi lingkungan yang bersih merupakan cerminan hati yang bersih yang diterjemahkan dalam tingkah laku. Karena itu, dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan sekitar, salah satu upaya yang bisa dilakukan warga adalah peduli dengan lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya dan ikut serta membersihkan lingkungan.

Dengan secara bergotong-royong kami membersihkan makam ini rutin setiap tahunnya, kalau makamnya sudah kelihatan bersih, pasti para peziarah yang akan datang ke makam ini akan merasa nyaman, dan sudah barang tentu pasti akan khusuk dalam memanjatkan do’a, pungkasnya.

 

 

Pewarta : Royen Siregar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.