Penguatan Moderasi Beragama, Mahasiswa IAIN Metro ikuti KKN – KNMB di Provinsi Papua

MITRAPOL.com, Papua – Mengarusutamakan penguatan moderasi beragama, sejumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) melalui insersi dalam mata kuliah, tapi juga dalam penelitian dan pengabdian masyarakat bertema moderasi beragama sebagai implementasi Tridarma Perguruan Tinggi.

Salah satunya, mahasiswa IAIN Metro Provinsi Lampung, yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Nasional dengan tema Moderasi Beragama di IAIN Fattahul Muluk Papua sebagai penyelenggara.

Berpusat di IAIN Fattahul Muluk Papua, dan dinyatakan berakhir, selama 40 hari di Bumi Cendrawasih Papua, kedatangan tamu dari berbagai kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dalam helat kegiatan Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara dan Moderasi Beragama (KKN KN-MB) se- Indonesia.

Dalam penyampaiannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua dalam sambutan menyampaikan, ucapan selamat atas capaian KKN KNMB kepada semua pihak yg terkait.

“Kami bangga bahwa Papua dijadikan Icon nasional sebagai sentral Kolaborasi Nusantara dan Moderasi Beragama. Terima kasih kepada seluruh peserta KKN KNMB yang telah berjuang membersamai. Demikian juga kepada seluruh Pimpinan PTKIN yang telah berpartisipasi,” ucapnya, Senin (23/8).

Ditambahkan, Ketua LPPM, Dr. Suparto Iribaram selaku ketua Pelaksana, menghaturkan rasa syukur atas kegiatan yang dilaksanakan.

“Ketidaksempurnaan proses kegiatan karena keterbatasan panitia tentunya, bentuk sikap merendah diri,” kata Suparto.

Lebih lanjut, Abdul Karman, MM selaku kordinator Ekspos Kegiatan menyampaikan, bahwa,”Ekspos dilaksanakan dua hari (25/26-8) untuk melihat capaian program kegiatan Mahasiswa dari berbagai kelompok kolaborasi PTKIN yang menjadi peserta, yg menjadi penilaian semua pihak didepan para pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia yang hadir dan diberikan reviewer langsung atas capaian tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pimpinan IAIN Fattahul Muluk Papua, Dekan FTIK Dr. Zulhani dengan semangat menyatakan bangga kampusnya mampu menyelenggaran event tingkat nasional.

“Alhamdullah, kami dapat dipercayai menjadi tuan rumah dalam KKN KN – MB event setingkat nasional. Apalagi pesertanya dari seluruh indonesia hadir ke Bumi Cendrawasih ini. Bagi seluruh mahasiswa mudah – mudahan ilmu yang didapat bermanfaat,” ungkap Dr.Zulhani.

Terakhir, Sainul, SH , MA salah satu utusan IAIN Metro Lampung, cukup merespon suksesnya kegiatan KKN KN-MB.

“Salam Kolaborasi Nusantara dan Moderasi Beragama. Kami patut berbangga atas dilaksanakan kegiatan ini yang di ikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam seluruh indonesia. Harapan kami semoga ini bermanfaat dan tetap berlanjut pada tahun berikutnya di perguruan tinggi lainnya,” tutup Sainul.

 

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.