Kasatlantas Polres Brebes : Odong-odong dilarang beroperasi di Jalan Raya

MITRAPOL.com, Brebes Jateng – Polres Brebes Polda Jateng melalui Unit Satlantas melaksanakan himbauan secara humanis terhadap supir kendaraan odong-odong yang beroperasi di jalan raya, Kamis (25/08).

Kapolres Brebes AKBP. Faisal Febrianto menjelaskan melalui Kasatlantas AKP. Edi Sukamto bahwa odong-odong merupakan kendaraan yang tidak sesuai standar dan bukan mode transportasi umum.

“Imbuan dan antisipasi ini bertujuan untuk memberikan keselamatan bagi penumpang sebab odong-odong bukan moda transportasi umum, Karena odong-odong tersebut tidak sesuai standar,” ujarnya.

Menurutnya, sesuai perundang-undangan yang berlaku, Undang-Undang Lalulintas No. 22 Tahun 2009, pada pasal 277, 278, 279, pasal 285 ayat 2, pasal 286, pasal 287 ayat 6, pasal 288 ayat 3, pasal 289, dan pasal 304.

Modifikasi kendaraan odong-odong menyalahi aturan yaitu dalam kategori kendaraan Over Dimensi Over Loading (ODOL), berpotensi terjadi kecelakaan dengan menurunnya fungsi teknis setelah dimodifikasi, tidak ada asuransi kecelakaan, dapat merugikan operasional trayek angkutan penumpang umum. Begitu juga melanggar peraturan pemerintah No. 5 Tahun 2021, dalam pasal 212 ayat 1 dan 2, terkait perizinan usaha.

“Himbauan ini merupakan edukasi awal dimana selanjutnya adalah menindak tegas para pemilik dan bengkel odong-odong yang masih buka, karena kendaraan itu bukan moda transportasi umum,” pungkas Kasatlantas.

 

 

Pewarta : Imaeel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.