LPLA desak Kajati Aceh batalkan Plt Kepala UKPBJ Nagan Raya dari unsur Kejaksaan

MITRAPOL.com, Nagan Raya Aceh – Penunjukan Abdul Hadi dari unsur Kejaksaan sebagai Pelaksana Tugas Kepala UKPBJ Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Nagan Raya perlu dipertanyakan, meskipun secara aturan tidak ada yang melarang tapi secara etika hal tersebut sangat tidak elok.

Koordinator Lembaga Pemantau Lelang Aceh (LPLA) Nasruddin Bahar mempertanyakan motif penunjukan Plt Kepala UKPBJ diambil dari unsur Aparat Penegak Hukum, hal ini patut dipertanyakan apa alasan Bupati Nagan Raya mengangkat pembantunya dari unsur Kejaksaan. Jika alasan Bupati untuk penegakan aturan dalam tender sangat tidak kuat jika itu dijadikan alasan.

Selama 5 tahun Bupati Nagan Raya berkuasa tidak terlihat adanya tender yang sesuai dengan aturan buktinya bisa dilihat dari LPSE Kabupatrn Nagan Raya hampir semua paket yang menang tender itu bukan penawaran terendah. Semua paket tendet di Nagan Raya sudah diatur siapa saja pemenangnya yang tentunya atas persetujuan Bupati, lanjut Nasruddin Bahar

Tender itu adalah tawar menawar bukan penujukan langsung, siapa yang menawarkan terendah dan dokumen yang dipersyaratkan terpenuhi maka dialah yang berhak ditetapkan sebagai pemenang tender. Jika dilihat dari hasil penetapan pemenang yang datanya tersaji secara lengkap pada website lpse kabupaten Nagan Raya tidak ditemukan penawaran yang sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu Perpres 16 tahun 2018 beserta perubahannya tenta g pengadaan barang dan jasa pemerintah, beber Nasruddin Bahar.

Kepada Bapak Kajati yang baru kami minta segera menarik kembali personilnya yang sudah ditetapkan sebagai Plt. Kepala UKPBJ Kabupaten Nagan Raya. Kepala UKPBJ sangat rawan dengan penyalahgunaan wewenang, tidak ada sebuah jaminan jika kepala UKPBJ dianggkat dari Unsur Penegak Hukum bahkan terjadi konflik kepentingan dalam penegakan hukum. Bagaiman jika nanti terjadi penyalahgunaan wewenang APH memeriksa pejabatnya dari kalangan sendiri sama sama dari unsur Penegak Hukum, pungkas Nasruddin Bahar

Di tempat terpisah, Sekda Nagan Raya Ir. H. Ardimartha melalui pesan what Appsnya menyampaikan,”Terkait pergantian Kepala UKPBJ Nagan Raya benar ada pergantian dan hemat kami pergantian Kepala UKPBJ adalah lumrah dan hal yang biasa di dalam tata kelola pemerintahan/birokrasi,” jawabnya singkat.

 

Pewarta : T. Indra

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.