Program TJSL PLN UP2B, bantu KUB Sejahtera bertahan dari kelesuan

MITRAPOL.com, Sidoarjo Jawa Timur – Dengan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PLN UP2B Jawa Timur, Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sejahtera mampu bertahan dari kelesuan dampak pandemi covid-19.

Semenjak pemberian bantuan pada bulan Mei 2022, produksi dan pemasaran KUB Sejahtera semakin meningkat.

PLN UP2B Jatim telah memberikan bantuan berupa 7 buah mesin jahit, 1 buah mesin potong elektrik, beberapa roll kain bahan jilbab dan beberapa peralatan penunjang produksi.

Selain itu PLN menggandeng lembaga kursus dan pendidikan Modes Muria Sidoarjo untuk memberikan pelatihan kepada anggota KUB Sejahtera guna menambah kemampuan anggota di segmen mendesain pakaian khususnya pakaian jenis daster.

Bantuan PLN melalui program TJSL yang sudah diluncurkan tersebut, membawa dampak baik bagi KUB Sejahtera.

Sampai saat ini KUB Sejahtera mampu bertahan memproduksi dan memasarkan produknya ke pelanggan.

Sejak bantuan diberikan, anggota KUB Sejahtera lebih bersemangat memproduksi dan memasarkan produknya ke berbagai kalangan.

Dari 15 Mei hingga 24 Agustus 2022 KUB Sejahtera sudah menjual hingga 2.300 pcs jilbab karena banyak pesanan dari kegiatan umroh, haji dan ibu-ibu PKK.

“Dulu sehari mungkin cuma satu kodi, sekarang naik jadi dua kodi. Bahkan, kami bisa memenuhi banyak pesanan juga. Terima kasih PLN telah peduli terhadap usaha kami sehingga usaha kami bisa terus beroperasi” ungkap Ketua KUB Sejahtera Putri Windawati, baru-baru ini di Surabaya.

“Semua anggota malah rebutan menjahit” tambah Putri.

KUB Sejahtera memasarkan produknya di pasar-pasar grosir besar Surabaya seperti PGS (Pasar Grosir Surabaya), Pasar Kapasan, Pasar Bong, dan beberapa pasar kecil di Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu penjualan juga dilakukan mandiri secara langsung dengan membuka stand di pusat keramaian pada saat hari libur.

KBU Sejahtera didirikan sejak tahun 2017 di Desa Ngudi Punggul, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo atas inisiatif perempuan-perempuan yang pada saat itu menjahit konveksi secara mandiri.

Kebutuhan untuk pengembangan usaha membuat mereka menggabungkan usaha menjadi sebuah kelompok usaha yang mereka namai Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sejahtera dengan beranggotakan 14 orang terdiri dari 12 perempuan dan 2 laki-laki. KUB ini memproduksi berbagai macam jenis jilbab dan topi sekolah.

Kini KUB Sejahtera telah menjadi Mitra Binaan PLN UP2B Jawa Timur. “Kami akan terus berupaya melakukan pendampingan dan pemantauan hingga akhir tahun dan berharap KUB Sejahtera bisa semakin berkembang,” ujar Manager PLN UP2B Jawa Timur Wuri Baskoro.

 

 

DR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.