Bandung-Fort Worth Texas Kuatkan Kolaborasi Kota Kembar

MITRAPOL.com, Bandung – Untuk menguatkan kolaborasi kota kembar (sister city) antara Kota Bandung dan Fort Worth Texas Amerika Serikat, kedua pemerintah kota menggelar pertemuan di Balai Kota Bandung, Senin 29 Agustus 2022.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan, hubungan baik antara Kota Bandung dan Kota Fort Worth sudah terjalin sangat baik sejak lama.

Dalam pertemuan tersebut, Pemkot Bandung dan Kota Fort Worth menjajaki kerja sama di bidang kuliner khas Kota Bandung seperti kopi, dan juga produk-produk kerajinan.

“Kita bisa kerja sama membuka gerai produk potensi lokal kita seperti kuliner dan Kraft, kita bisa buka gerai di sana (Fort Worth),” kata Yana.

Yana berharap, kerja sama Sister City ini dapat memberikan manfaat yang konkret bagi masyarakat di kedua kota.

“Semoga dengan kolaborasi yang baik dan kerja sama di sektor strategis, agar Bandung bisa masuk ke pasaran untuk mendapatkan target market di Fort Worth,” ujarnya.

Sementara itu, Assistant Director, General Services, Property Management Departement, City of Fort Worth, Alan Shuror mengatakan Kedatangan Fort Worth ke Kota Bandung ini dimaksudkan untuk kembali menjalin kerja sama lanjutan.

Terkait dengan penjajakan kerja sama kuliner dan kerajinan yang diinginkan Kota Bandung, Ia mengaku akan terus berupaya membantu pemasaran produk-produk lokal Kota Bandung.

“Kita sangat menyambut baik. Ini salah satu dari esensi sister city, kita akan menghubungkan langsung dengan pelaku bisnis di sana, kita bisa koordinasi lebih lanjut melalui online,” katanya.

Selain itu, nantinya akan dibentuk delegasi dari kedua belah pihak untuk merumuskan berbagai peluang kerja sama di bidang lainnya seperti penelitian, pendidikan dan ekonomi.

“Kita membentuk tim atau delegasi untuk bertatap muka secara langsung, melihat kota dan potensinya secara langsung dan dapat mengakselerasi kerja sama,” kata dia.

Untuk diketahui, Hubungan Kota Bandung dan Fort Worth Texas Amerika Serikat telah terjalin sejak 2 April 1990.

Sejumlah kerja sama yang telah berjalan di antaranya bantuan alat kesehatan, pelatihan bagi pemadam kebakaran, pertukaran pemuda (Internasional Leadership Academy) yang mana Kota Bandung selalu berpartisipasi dalam mengirimkan bibit mudanya, sister school, dan program-program strategis lainnya.

 

Pewarta : Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.