PT. TPL dukung warga normalisasi aliran Sungai Aek Mandosi

MITRAPOL.com, Toba Sumut -Toba Pulp Lestari (TPL) turunkan dukungan 1 Unit alat berat Eskavator untuk melakukan normalisasi aliran sungai Aek Mandosi di Desa Silamosik I (Kecamatan Porsea), Desa Silamosik II dan Desa Lumban Lobu, (Kecamatan Bonatua Lunasi), Kabupaten Toba yang meluap akibat tingginya curah hujan dengan cuaca yang ekstrem hingga menyebabkan kawasan di beberapa desa tersebut terendam. Kamis (1/9/22)

Dukungan alat berat Eskavator ini diturunkan selama 10 hari, dengan pembagian 6 hari di Desa Silamosik I dan II untuk normalisasi sungai Aek Mandosi serta 4 hari di Desa Lumban Lobu akan membersihkan jalan akibat luapan air sungai. Luapan air sungai Aek Mandosi membawa batang-batang kayu, pasir dan berbatuan yang tergerus ke area persawahan dan perkebunan masyarakat setempat.

Salah satu dampak akibat dari meluapnya air sungai Aek Mandosi, menyebabkan sekitar 50 meter akses jalan yang rusak dan jalan penghubung menuju Dusun 3 Lumban Latong, Desa Silamosik I Kecamatan Porsea terputus.

Kepala Desa Silamosik I, Rosta Nainggolan, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada TPL atas dukungan dan respon cepat untuk membantu di wilayah desanya yang terkena dampak bencana.

“Kami berterimakasih atas dukungan alat berat yang diberikan TPL, walaupun hal ini sudah pernah terjadi sebelumnya, namun management TPL selalu cepat tanggap untuk membantu kami. Dukungan ini sangat kami apresiasi, karena aliran sungai Aek Mandosi merupakan titik vital bagi aktivitas masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Rosta.

Dapot Simangunsong, salah satu masyarakat Dusun 3 Lumban Latong turut menyampaikan hal senada. Ia merasakan dampak bencana yang menyebabkan putusnya jalan penghubung ke desanya dan merasa senang dengan dukungan dari perusahaan.

“Putusnya jalan penghubung ini membuat kami harus memutar jalan yang cukup jauh, dengan ada bantuan alat berat dari TPL ini semakin mempercepat perbaikan atau normalisasi aliran sungai ini. Perbaikan ini tidak akan selesai dengan cepat, jika hanya masyarakat yang turun melakukan pekerjaan. Dukungan perusahaan sudah tepat dan sangat membantu kami,“ kata Dapot.

Untuk monitoring pekerjaan normalisasi sungai ini, Humas TPL, Suarno Simatupang bersama dengan Sanggam Manurung, Staff Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Toba turut hadir di lokasi. Suarno mengatakan, dukungan ini dilakukan untuk peningkatan dan pengendalian kondisi sungai yang rusak untuk mengembalikan fungsinya seperti semula.

“TPL prihatin dengan masyarakat yang terdampak akibat bencana banjir ini dan sebagai bentuk kepeduliannya, perusahaan langsung mengerahkan 1 unit alat berat Eskavator agar dapat membantu memperbaiki aliran sungai Aek Mandosi. Tujuannya yaitu agar mengurangi debit air yang masuk menggenangi rumah masyarakat serta sawah mereka serta membersihkan puing-puing luapan, sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas dengan normal,” ungkap Suarno.

Sebelumnya pada Januari 2022 lalu, TPL juga menurunkan dukungan alat berat eskavator dan memberikan benih padi unggul kepada petani yang terdampak agar tidak gagal panen, ketika sungai Aek Mandosi meluap dan menyebabkan banjir di beberapa desa di Kabupaten Toba.

 

 

Pewarta : Abdi. S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.