Cegah barang terlarang masuk, Bukan hanya pengujung petugas Lapas pun turut digeledah

MITRAPOL.com, Brebes Jateng – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Brebes Kemenkumham Jateng terus dan selalu berupaya mencegah masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas.

Hal ini tidak saja di lakukan kepada pengunjung saja, akan tetapi juga diterapkan kepada petugas Lapas Kelas IIB Brebes itu sendiri. Terutama saat jam dinas staf dan pergantian jam dinas regu jaga,

Disamping penggeledahan badan petugas, juga dilakukan penggeledahan terhadap barang bawaan. Hal ini juga berlaku pada petugas kantin maupun tamu dinas yang tidak luput dari pengeledahan.

Kegiatan ini dilakukan oleh Petugas Pintu Utama (P2U) di area Pintu Utama sebagai garda terdepan mencegah masuknya barang barang terlarang seperti hand phone, narkoba dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) di dalam lapas. Lapas Brebes mengambil langkah langkah deteksi ini dengan melakukan penggeledahan barang dan badan.

Hendri, seorang Petugas Pintu Utama (P2U) yang berjaga menjelaskan bahwa ini merupakan bagian dari Standart Operating Prosedur (SOP) yang harus kami dilakukan (P2U) yang bersifat rutin pada saat memasuki Lapas baik saat akan bertugas maupun setelah selesai bertugas dan meninggalkan Lapas,” ucapnya. Senin (05/09).

Hal senada juga disampaikan Kepala Lapas Brebes, Isnawan bahwa Petugas P2U memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah barang-barang terlarang masuk ke dalam Lapas.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh petugas P2U karena telah menjalankan tugas sesuai Prosedur Tetap (Protap). Kami berharap Lapas Brebes ini kedepannya selalu dalam kondisi yang kondusif dan terhindar dari peredaran barang-barang terlarang lainnya,” harapnya.

Lanjut Isnawan, segera laporkan apabila ditemukan hal-hal yang berpotensi mengakibatkan terjadinya gangguan keamanan. Kejadian seketika laporkan seketika.

“Semua petugas juga terus menjaga kekompakan serta saling berkoordinasi satu sama lain, demi keamanan dan kebaikan bersama,” tutup Isnawan.

 

 

Pewarta : Maeel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.