Dewan Pansus DPRD Sulsel Kunker ke Perpustakaan Nasional RI di Jakarta

MITRAPOL.com, Makassar Sulsel – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD Prov Sulsel) Pansus Pembahas Ranperda tentang Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan berkunjung kerja ke Perpustakaan Nasional RI di Jakarta. Senin 5 September 2022.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Bapak M. Syarif Bando bersama beberapa pejabat lingkup Perpustakaan Nasional.

Mengawali sambutannya Bapak Fauzi Andi Wawo, S.Sos sebagai Ketua Pansus mengatakan bahwa kunjungan kerja pansus kali ini dimaksudkan guna mendapatkan bahan informasi, saran dan masukan dalam rangka pembahasan Ranperda tentang Transformasi Penyelenggaraan Perpustakaan yang saat ini sementara dibahas oleh DPRD bersama Gubernur Sulawesi Selatan.

Sementara itu, M. Syarif Bando, menyambut baik kunjungan ini sebagai ajang silaturahmi dan sharing dengan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dan sangat mendukung rencana pembentukan Perda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa literasi adalah kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan tertentu yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreatifitas untuk memproduksi barang dan jasa yang berkuakitas tinggi dan dapat dipakai untuk memenangkan persaingan global.

“Jadi literasi itu bukan hanya sekedar pandai baca tulis tetapi lebih kepada transfer of knowledge (transfer ilmu pengetahuan).” sambung beliau.

Dalam paparannya, M. Syarif Bando menyampaikan bukan hanya berkaitan dengan penyelenggaraan perpustakaan, namun lebih dari itu beliau menyampaikan model/konsep arah sistem pendidikan kita kedepan yang lebih maju dengan melihat permasalahan, tantangan dan peluang yang ada. Sehingga Indonesia dapat lebih maju dalam membangun SDM yang kebih produktif dan inovatif.

Di pertemuan tersebut, selain DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, secara bersamaan juga diterima rombongan dari DPRD Provinsi Kalimantan Selatan yang berkonsultasi terkait Perpustakaan.

Di sesi akhir kegiatan, rombongan Pansus DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, melakukan foto bersama dan saling bertukar cinderamata bersama Kepala Perpustakaan Nasional.

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.