Tingkatkan Pengetahuan dan Kompetensi, Tim Humas Lapas Brebes Ikuti Bimtek secara Virtual

MITRAPOL.com, Brebes – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi para pengelola layanan informasi publik atau humas di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, Tim Humas Lapas Kelas IIB Brebes Kemenkumham Jateng mengikuti Bimbingan Teknis dengan tema “Humas Menulis Layaknya Jurnalis” Senin (5/9/2022). Tim Humas Lapas Kelas IIB Brebes mengikuti kegiatan tersebut secara virtual melalui Aplikasi Zoom.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Sub Koordinator Hubungan Pers dan Media Kemenkumham, Zaka berharap agar Humas diseluruh Instansi dibawah Kemenkumham dapat menjadi layakanya jurnalis yang sesungguhnya.

“Dengan dilaksanakannya Bimtek ini, saya berharap seluruh Humas di lingkungan Kemenkumham dapat mampu menyusun berita layaknya jurnalis di lingkungan Kemenkumham sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” pesan Zaka.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari Narasumber, yakni Redaktur Pelaksana Kompas, Heru Margianto. Dalam materinya, Heru Margianto membahas mengenai berbagai hal, beberapa diantaranya adalah Secara garis besar beliau memaparkan dan membimbing Kehumasan Kementerian hukum dan HAM untuk menulis secara profesional dengan konsep 5W + 1H dan rumus piramida terbalik.

Heru mengurai detail secara teknis cara penyusunan release yang baik agar runut. Mulai dari pemilihan judul yang menarik, lead yang lugas, dan isi berita yang lengkap disertai data yang relevan.

Sementara itu, Kalapas Brebes Isnawan saat dikonfirmasi tim humas juga menyampaikan selalu membangun relasi yang baik dengan pegiat media untuk memudahkan penyampaian informasi tentang kemenkumham kepada masyarakat.

“Saya sebagai ka UPT dan Tim Humas Lapas Brebes selalu bersilaturahmi kepada rekan media yang ada di kabupaten brebes ini untuk menjalin komunikasi yang baik terhadap pemberitaan – pemberitaan tentang Kemenkumham khususnya Lapas Brebes ini,” Kata Isnawan.

Lanjut Isnawan kepada jajaran humas untuk responsif, tanggap, ramah dan terbuka kepada media. Hal yang bersifat penting, krisis, dan berpotensi menarik perhatian untuk segera dilaporkan kepada pimpinan secara berjenjang. Jika ada berita yang berpotensi negatif, maka lakukan counter narasi positif sebagai mitigasi agar beritanya proporsional.

Kegiatan Bimtek secara Zoom juga dilakukan dengan sesi tanya jawab dan pada akhir sesi juga diadakan praktik membuat berita dan dikoreksi langsung oleh Heru Margianto.

 

Pewarta : Maeel/Hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.