HJKB212 Festival Sentra Industri, Simbol Kebangkitan Ekonomi di Hari Jadi Kota Bandung

MITRAPOL.com, Bandung – Ada acara seru di Cihampelas Walk. Bertajuk “Festival Sentra Industri Kota Bandung”, acara ini menampilkan 15 sentra industri binaan Pemkot Bandung dengan aneka ragam produk.

Berbagai sentra industri yang nampil dalam acara ini antara lain: sentra fesyen, kerajinan, percetakan, produk makanan, boneka, serta alat rumah tangga.

Acara ini berlangsung mulai 9 September 2022 hingga 11 September 2022 mendatang dan menjadi rangkaian Hari Jadi ke-212 Kota Bandung (HJKB).

Dalam siniar Ngariung episode Jumat 9 September 2022, Sub Koordinator Perencanaan Sentra Industri Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Rina Santi menyebut, industri kecil menengah di Kota Bandung memiliki potensi besar dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan data yang dipaparkannya, terdapat 28 sentra industri di Kota Bandung dengan 8667 pelaku industri kecil menengah. Aktivitas ekonominya pun menyerap tenaga kerja hampir 10.000.

“Target kami bisa menemukan segmen pasar baru bagi para pelaku IKM. Angkanya tidak muluk-muluk, dapat Rp300 juta saja sudah bagus,” ucap Rina.

Secara teknis, Disdagin Kota Bandung memilki tahapan dalam pembinaan IKM.

“IKM pemula kita treatment kualitas, pengemasan, pemasaran,” ujarnya.

Ketika naik kelas, para pelaku industri kreatif ini akan dilibatkan dalam program IKM Go Ekspor

“Jadi ketika mereka sudah naik kelas, kita bawa produk mereka ke luar Kota Bandung,” tambahnya.

Di sisi lain, Pelaku IKM dari Kampoeng Rajut, Dewi Ratna Purwanti mengaku antusias mengikuti Festival Sentra Industri Kota Bandung.

Ia berterima kasih atas dukungan dan bimbingan dari Pemkot Bandung melalui Disdagin Kota Bandung.

“Kita dibimbing dan didorong Pemkot Bandung. Kita dapat bantuan mesin rajut, haki, pameran, pelatihan dan bimbingan,” ujarnya.

Ia juga mengajak para pelaku industri untuk bergabung menjadi pelaku industri binaan Pemkot Bandung.

“Datang saja ke Disdagin Kota Bandung. Kami juga diberi bimbingan dan arahan,” ucapnya.

Jangan lewatkan keseruan Festival Sentra Industri Kota Bandung sampai hari Minggu 11 September 2022 mendatang. Anda juga bisa mendapat informasi lebih lanjut melalui akun Instagram @festivalsentrabdg.

 

Pewarta : Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.