Perwujudan Pendidikan Demokrasi, Sekolah SMPN 108 Jak-Bar Gelar Pemilihan Ketua OSIS Periode 2022/2023

MITRAPOL.com, Jakarta – Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya dan suku bangsa. Keberagaman ini merupakan kekayaan bangsa yang menjadi daya tarik bagi negara lain.

Tidak hanya budaya, keberagaman juga meliputi pilihan politik dan perbedaan pandangan akan suatu isu. Tentunya perbedaan ini harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi konflik.

Sekolah bisa diibaratkan seperti minatur negara yang memiliki warga, wilayah dan pemimpin. Sekolah juga merupakan tempat yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai positif tentang bagaimana kehidupan bernegara, menjadi warganegara yang baik, menjadi pemimpin suatu negara, juga menyikapi perbedaan pilihan politik atau pendapat.

Jika pola pandang positif tentang bagaimana berdemokrasi sudah tertanam sejak usia dini, maka kematangan berpolitik akan didapatkan di generasi muda masa kini.

Di SMP Negeri 108 Jl. Flamboyan No.53, RT.10/RW.10, Cengkareng Barat Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, pendidikan demokrasi salah satunya melalui kegiatan pemilihan ketua OSIS. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun dan juga bagian dari salah satu tujuan sekolah yaitu future leader, atau membentuk pemimpin masa depan yang sesuai dengan zamannya. Kamis (15/09/2022)

Dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan siswa-siswi dapat memahami tentang partisipasi politik, baik sebagai kandidat, maupun sebagai pemilih. Kegiatan ini juga membentuk siswa-siswi lebih menghargai perbedaan. Ketika ada teman kelasnya yang berbeda pilihan calonnya, teman yang lain menghormati pilihan tersebut.

Moh. Hidayat, S. PD. selaku Kepala Sekolah SMPN 108 menjelaskan, bahwa kegiatan pemilihan ini telah dipersiapkan sejak beberapa minggu lalu. Dimana para kandidat di-briefing untuk mempersiapkan pidato visi misi dengan dihafalkan.

“Para kandidat tidak diperkenankan untuk membaca pidato, melainkan hanya diperbolehkan membawa catatan yang berisi poin-poin pentingnya saja. Hal tersebut dimaksudkan agar para kandidat terbiasa dengan pidato tanpa teks dan memiliki ketegasan sikap dalam menjawab pertanyaan,” ucapnya

Keenam kandidat ini anak-anak yang sangat potensial. Mereka adalah anak-anak yang cukup populer karena kemampuan akademiknya. Dan yang paling penting, mereka juga mengajukan diri sendiri untuk mengikuti pencalonan ini.

“Jadi artinya, mereka punya kepercayaan diri yang baik,” tutur Moh. Hidayat, S. PD selaku kepala sekolah

Kegiatan pemilihan ketua OSIS ini berjalan dengan lancar hingga akhir. Seluruh surat suara telah dikumpulkan ke dalam kotak suara yang nantinya akan dihitung oleh panitia pemilihan. Para audiens terlihat mulai meninggalkan lapangan tempat pemungutan suara digelar. Semua tampak puas dengan debat yang baru saja digelar. Tak terkecuali bagi siswa /siswi.

“Pidatonya bagus-bagus, Saya sampai bingung harus pilih siapa karena pemaparan visi misinya itu bagus semua. Tapi saya harus pilih satu ya, jadi saya pilih. Kita lihat saja nanti siapa yang menang

“Saya berharap agar nantinya kepengurusan OSIS bisa membuat kegiatan-kegiatan yang menyenangkan supaya bisa menjadi hiburan bagi adik-adik dan kakak-kakak kelas ya. Kemudian, terlepas dari siapapun yang nantinya terpilih, semoga para kandidat bisa menjadi teladan serta mampu merangkul teman-temannya semua. Baik yang tergabung dengan kepengurusan OSIS maupun yang tidak untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan sekolah serta bersama-sama mencetak prestasi untuk Sekolah SMPN 108 ini.” pungkas kepala sekolah.

 

Pewarta : M Syukur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.