SMAN 1 Margatiga Lamtim terima bantuan DAK Swakelola Rp.622 jt, Mei Linawati : Saya bertanggung jawab sama Allah, enggak cuma sama negara

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Sebagai bentuk kontrol sosial, peran media sangatlah penting untuk melakukan pengawasan terhadap berbagai bentuk bantuan dari pemerintah. Apalagi bantuan anggaran tersebut hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Adanya bantuan – bantuan pembangunan gedung sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik. Diharapkan dalam pelaksanaan pembangunan itu haruslah sesuai juknis dan RAB, tanpa ada penyimpangan/mark up guna kepentingan pribadi.

Walaupun, sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) memiliki peran penting dalam mengelola anggaran – anggaran tersebut.

Pada tahun 2022, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, SMAN 1 Margatiga Lampung Timur, telah menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Reguler Revitalisasi senilai Rp. 622.096.000. untuk pembangunan gedung sekolah tersebut.

Kemudian, tim media ini menemui Kepala SMAN 1 Margatiga Lampung Timur, Mei Linawati, S.Pd. Sebagai penerima bantuan ia membenarkan adanya bantuan DAK fisik tersebut.

” Saya menjabat disini sudah tiga tahun, ya itu bantuan pembangunan lab kimia dan lab PIK dan nilainya 622 juta dan sudah dilaksanakan,” ucap Mei Linawati, kepada Mitrapol, Kamis (15/9).

Dijelaskan Mei Linawati, jika tahapan proses pencairan dana pembangunan gedung laboratorium masih berjalan.

” Masih termin satu 20 persen, sudah gitu tombok itu. Naaa siapa yang tombok. Makanya saya jarang pulang empat untuk memastikan mereka bekerja dengan baik. Spek – spek sesuai dengan S O P,” jelasnya.

” Ketua P2S pak Priyo, dia juga sebagai Waka Sarpras,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Mei Lina juga menerangkan juga tentang sistem pengupahan bagi pekerja dalam pembangunan gedung sekolah.

” Pekerja kita bayar harian, ada 17 orang pekerja,” terangnya.

Sementara itu, pak uda dari salah satu pekerja dalam pembangunan gedung laboratorium, menjelaskan tidak adanya papan informasi dilokasi proyek dan spesifikasi bahan material gedung sekolah yang digunakan.

” Papan informasi kemarin ada dikantor, insya Allah dua minggu ini beres. Soalnya, mau pasang baja ringan dulu. Kami yang kerja ada dua belas orang. Inj pake besi 12, cincin 8 dan memang kokoh pak, enggak salah – salah,” tutupnya.

Pada akhir wawancara dilokasi proyek, sang Kepsek SMAN 1 Margatiga Lampung Timur, juga mewanti – wanti para pekerja agar bekerja dengan baik.

” Inikan kepalanya, saya bilang…mas harus sesuai S O P nya. Saya bertanggung jawab sama Allah enggak cuma sama negara,” pesan Mei Linawati.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.