Ir Limi Mokodompit, ikuti Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2022

MITRAPOL.com, Bolmong – Pj Bupati Bolaang Mongondow Ir Limi Mokodompit, Selasa 13 September 2022 mengikuti Rapat Kordinas (Rakor) yang di gelar KemenpanRB di Jakarta.

Rakor kali ini terkait persiapan pengadaan ASN tahun 2022, setelah sebelumnya Pemerintah pusat telah menetapkan 530.028 kebutuhan ASN di tahun 2022.

Rakor tersebut di buka oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dan di hadiri sejumlah Gubernur serta Bupati dan Wali Kota.

Kepala BKPP Kabupaten Bolaang Mongondow Umarudin Amba, membenarkan kehadiran Penjabat Bupati Limi Mokodompit di Rakor bersama Menpan-RB tersebut.

“Iya, Pak Limi ikut menghadiri Rakor tersebut,” kata Amba.

Adapun usulan pengadaan ASN di Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, Amba mengungkapkan saat ini masih menunggu kuota masing-masing daerah.

“Bolmong masih menunggu kuota. Usulan kita sudah ajukan di Menpan-RB, dan itu disampaikan dua bulan lalu,” ungkapnya.

Dalam pers rilisnya Menteri PANRB Abdullah Aswar Anas menyampaikan salah satu prioritas pemerintah saat ini adalah penataan tenaga non-ASN.

Karenanya, penetapan kebutuhan ASN tahun 2022 sekaligus menjadi komitmen nyata pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga kesehatan secara nasional.

“Arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2022 kita fokus pada pelayanan dasar yaitu guru dan tenaga kesehatan. Fokus lainnya adalah keberpihakan kepada eks tenaga honorer kategori II (THK-II),” jelas Menteri Anas dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN.

Anas menguraikan, saat ini fenomena yang terjadi secara nasional adalah penyebaran ASN tidak merata dan masih menumpuk di kota besar. Sementara proses rekrutmen, penyebaran, dan kebutuhan tiap tahun sudah sangat transparan. Ia menegaskan bahwa arahan Presiden RI Joko Widodo sangat jelas, yaitu pemerataan SDM ASN. Rekrutmen pun harus jelas dan akuntabel.

“Jadi masalahnya tidak hanya kekurangan tetapi juga penyebaran. Padahal Pak Presiden sangat memperhatikan luar Pulau Jawa,” ungkap Anas.

 

Pewarta : Lee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.