Ampon Cut Harap Sektor Wisata Sabang Menjadi Faktor Pertumbuhan Ekonomi

MITRAPOL.com, Banda Aceh – Letak Pulau Weh sangat strategis. Selama beberapa dekade sebelumnya Sabang menjadi salah satu kawasan kegiatan perdagangan penting, selain memiliki panorama keindahan alam yang sangat menarik.

Namun pada saat perekonomian global semakin terbuka dan kegiatan kawasan perdagangan dunia semakin berkembang begitu cepat, Sabang justru disebut tidak terkoneksi di dalamnya.

Padahal tidak kurang puluhan bahkan ratusan kapal niaga yang setiap harinya melintasi Selat Malaka, tapi seperti tidak ada faktor apapun yang bisa membuat saling ketergantungan atau saling menguntungkan.

Padahal, keberadaan Sabang yang secara geografis sangat strategis. Ditambah lagi, ada regulasi atau Undang-Undang yang sangat eksklusif yang menetapkan Sabang sebagai Pelabuhan Bebas dan Kawasan Perdagangan Bebas.

Regulasi itu sendiri semangatnya untuk menjadi salah satu lokomotif penting bagi kegiatan perdagangan di ujung pulau paling barat Indonesia tersebut, sebagai bagian pembangunan perekonomian nasional yang terkoneksi dengan perdagangan regional dan global.

Demikian juga dengan keinginan yang kuat untuk mendorong percepatan Sabang dengan Pulau Weh-nya dan pulau-pulau sekitarnya dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona.

T Syahreza Darwin alias Poncut, salah satu putra Sabang mengatakan, mestinya Sabang semakin menjadi salah satu destinasi wisata baik domestik maupun manca negara yang harus didukung oleh faktor-faktor yang memberi kenyamanan, kemudahan dan daya tarik lainnya.

Bagaimanapun juga sektor pariwisata di seluruh dunia telah semakin menjadi faktor yang sangat signifikan bagi tumbuhnya perekonomian negara/daerah dan memberi dampak langsung bagi sektor riel/pendapatan masyarakat.

“Sangat wajar jika masyarakat Sabang khususnya, serta kita masyarakat Aceh dan Indonesia pada umumnya menaruh harapan besar kepada Pj Wali Kota Sabang yang enerjik, visioner dan memiliki network yang luas, untuk mereview dan melalui koordinasi baik dengan BPKS maupun pihak-pihak terkait lainnya baik secara vertikal maupun horizontal,” ujarnya, Senin 19 September 2022.

Dengan demikian, kata Poncut, dalam waktu secepat mungkin, sudah bisa bergegas memulai mengaktualisasikan ekspektasi yang menjadi bagian fundamental yang kuat dan produktif di sektor perdagangan dan pariwisata.

“Mari kita tunjukkan tekad kuat dan cita-cita besar kita semua dengan kerja keras dan saling mendukung,” tutupnya.

 

Pewarta : Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.