Nusantara

Wapres Launching MPP Nasional, Walikota Wahdi : memudahkan masyarakat mengurus perizinan

Admin
644
×

Wapres Launching MPP Nasional, Walikota Wahdi : memudahkan masyarakat mengurus perizinan

Sebarkan artikel ini
Walikota Wahdi saat membuka MPP Metro secara nasional, Senin ( 5/12/22)

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mencanangkan reformasi birokrasi (RB) tematik serta menyaksikan peresmian 26 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Istana Wakil Presiden, Senin (05/12/2022).

Wapres K.H. Ma’ruf Amin hadir secara langsung guna melakukan pencanangan RB tematik sekaligus meresmikan 26 MPP sebagai komitmen untuk bergerak mewujudkan reformasi birokrasi berdampak.

Azwar Anas menjelaskan, bahwa sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, program-program reformasi birokrasi saat ini harus berdampak langsung pada masyarakat dan bukan sekadar administrasi semata.

“Kementerian PANRB mengambil langkah strategis RB tematik yang diharapkan bisa terinternalisasi dalam tata kelola pemerintahan sehingga menghasilkan gerak serentak dalam pemecahan isu strategis Indonesia,” ujarnya.

Salah satu cara untuk mewujudkan RB berdampak adalah dengan menyediakan pelayanan yang berkualitas untuk masyarakat, yakni dengan menghadirkan MPP. Kehadiran MPP ini mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan perizinan maupun non-perizinan di satu tempat. Saat ini sudah ada 77 MPP yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Presiden ingin reformasi birokrasi ini berdampak, salah satunya dengan kehadiran MPP,hari ini sebanyak 26 MPP akan diresmikan secara serentak, jadi total hari ini ada 103 MPP diseluruh Indonesua, ” ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala lembaga, Gubernur, Wali kota, dan Bupati. Turut hadir pada kesempatan ini  Walikota Metro, Wahdi yang baru saja meresmikan MPP di Kota Metro beberapa waktu lalu.

Kemudian,Walikota Wahdi mengatakan lewat peresmian MPP secara nasional dan Kota Metro menjadi salah satu didalamnya diharapkan akan membawa semangat baru pelayanan publik di Kota Metro khususnya.

“Lewat MPP era baru pelayanan publik yang terintegrasi dimulai guna memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai perizinan, hal ini juga merupakan salah satu program utama Pemerintah Kota Metro dalam menghadirkan tata kelola pemerintah yang baik,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap lewat kemudahan ini akan mampu menumbuhkan ikim investasi dan kemudahan berusaha khususnya di Kota Metro.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayana Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Denny Sanjaya mengatakan bahwa pada hari berikutnya juga akan dilaksanakan  agenda penganugerahan bersama pelayanan publik dan reformasi birokrasi di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (06/12).

“Penganugerahan pelayanan publik akan diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaik dalam penyelenggaraan pelayanan publik,”jelasnya.

Penganugerahan pelayanan publik akan diberikan atas hasil evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik (UPP), penyedia sarana dan prasarana ramah kelompok rentan, serta Top Terpuji 45 inovasi pelayanan publik dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022.

Sedangkan, penganugerahan RB diberikan atas hasil evaluasi SAKIP, RB, serta Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Penyerahan piagam penyerahan piagam SAKIP dan RB diberikan kepada instansi pemerintah daerah yang telah berhasil meraih predikat A dan BB di tahun 2022 ini.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *