Hiburan

4 Tips Memilih Gitar Bagi Pemula

1075
×

4 Tips Memilih Gitar Bagi Pemula

Sebarkan artikel ini
https://www.blibli.com/jual/gitar

MITRAPOL.com, Jakarta – Bermain gitar memang sangat menyenangkan dan bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari yang sekedar hiburan sampai yang ingin serius mencari penghasilan. Hobi gitar tersebut tentunya didukung dengan gitar yang mumpuni, baik dari sisi suara serta harganya.
Agar lebih optimal dalam memilih gitar yang akan digunakan, tentunya perlu memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan saat memilih gitar. Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan ketika akan membeli gitar khususnya bagi Anda yang baru pertama kali membelinya.

1. Sesuaikan Ukuran Gitar Dengan Tubuh

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran gitar. Seperti yang kita ketahui bahwa gitar akustik bukan hanya dimainkan oleh para pria. Saat ini banyak juga musisi wanita yang jago dalam bermain gitar.

Jika Anda adalah seorang perempuan yang ingin belajar bermain gitar akustik, kami merekomendasikan Anda untuk memakai gitar akustik tipe steel string atau dikenal juga dengan sebutan gitar folk ini mempunyai ukuran yang ringkas. Leher gitar yang lebih ramping akan nyaman dimainkan saat digenggam.

Jenis gitar steel string sangat tepat untuk orang dengan tubuh kecil karena bagian badan gitar mempunyai lekukan lebih dalam. Sebagai contoh Anda bisa memilih Gitar Akustik Yamaha F310, yang mana gitar ini memiliki kualitas dan tone diharga yang terjangkau.
Gitar Yamaha telah melalui banyak proses uji kualitas yang ketat sehingga menghasilkan kestabilan dan kekuatan yang tinggi. Yamaha seri F310 hadir dengan body Traditional Western menawarkan fokus yang sama dalam hal kualitas, desain, dan sound seperti halnya semua gitar akustik Yamaha. Gitar akustik tipe steel string ini bisa dimainkan oleh perempuan, orang bertubuh kecil, bahkan anak-anak.

2. Tentukan Jenis Gitar Akustik

Gitar akustik yang biasa digunakan yaitu tipe steel string dan tipe standar. Perbedaan keduanya adalah ukurannya. Ukuran gitar akustik standar 1,5 kali lebih tebal sehingga beratnya pun lebih besar jika dibandingkan tipe steel string.

Berat tambahan pada gitar ini karena adanya bagian ruang suara atau soundboard-nya yang mempunyai lekukan yang tak begitu dalam. Bentuk lekukan ini dapat menghasilkan suara gitar yang lebih dinamis dan berkarakter.

Gitar Akustik Import Merk Cowboy GWC-240 atau Yamaha F310 bisa menjadi pilihan dalam mencari gitar akustik standar. Anda bisa memainkan berbagai genre musik dengan gitar akustik standar ini, mulai dari genre jazz, rock, hingga blues akan terdengar lebih maksimal dikarenakan gitar akustik ini dirancang khusus untuk mempertajam kekuatan bas dan intonasi suara secara dinamis.

3. Sesuaikan Budget

Kualitas gitar memang berbanding lurus dengan harga, Namun bukan berarti harus selalu membayar mahal untuk memiliki sebuah gitar kualitas baik. Yang terpenting adalah harus tahu spesifikasi gitar akustik tersebut.
Sering ditemukan sebuah gitar dengan suara yang bagus dengan harga yang bersahabat. Gitar produksi lokal memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang murah karena tidak ada biaya import.

Gitar Akustik Lakewood bisa menjadi pilihan gitar yang bagus dengan harga yang ramah. Sangat cocok bagi Anda pemula yang baru memulai bermain gitar. Dengan harga kisaran 300-500 ribuan, gitar ini sangat layak untuk dipilih karena kualitas suaranya cukup bagus.
Jika sudah agak mahir bermain gitar bisa mencoba menggunakan gitar akustik Yamaha C390 atau Yamaha FS100 yang mana gitar keluaran Yamaha sudah tidak diragukan lagi kualitas suaranya.

4. Mainkan Gitar Sebelum Membayar

Hal mendasar namun cukup penting yaitu mainkan dulu gitar akustik yang akan kamu beli sebelum membayarnya. Setelah menemukan ukuran dan tipe yang pas, tentunya harus diperiksa dulu feel dari gitar tersebut.
Jika kenyamanan gitar ketika digenggam serta suara yang keluar sudah pas, maka gitar tersebut tinggal langsung dibayar. Gitar Akustik Cort AD810 OP bisa menjadi pertimbangan soal kualitas suara dengan harga yang menengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *