NusantaraPendidikan

Mentoring Dunia Pendidikan, Adjie Subing Terapkan Dua Metode Unik Gali Potensi Waka Kesiswaan

Admin
×

Mentoring Dunia Pendidikan, Adjie Subing Terapkan Dua Metode Unik Gali Potensi Waka Kesiswaan

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Lampung Tengah – Dunia Pendidikan di Lampung Tengah khususnya SMA Negeri dan Swasta mendapat pelatihan Workshop dan Coaching (Training Motivasi) yang diberikan Adjie Subing Mentoring/Pemateri dari Swara Coaching Indonesia Jakarta.

Acara yang berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Kota Gajah tersebut dihadiri 46 Waka Kesiswaan dari berbagai SMA Negeri/Swasta di Lamteng.

Adjie Subing selaku pemateri menyampaikan, beberapa poin terkait bagaimana menangani kendala yang terjadi disekolah, khususnya kenakalan remaja.

“Saya menggunakan dua metode. Yaitu, Points of You dan NLP, yang akan saya terapkan kepada Waka Kesiswaan untuk menggali potensi mereka,” ujar adjie saat diwawancarai.

Metode pertama, lanjut Adjie, melalui kartu bergambar points of you (sudut pandang) yaitu, terapi yang dipakai untuk membantu guru menggali potensi mereka dengan mengikuti instruksi yang diberikan pemateri.

Secara langsung, melalui metode ini guru mendapatkan inspirasi dan semangat baru untuk menghandle sekolah mereka dan menerapkan di sekolah masing-masing melalui ide-ide baru yang didapatkan.

“Ada 64 foto yang berbentuk kartu yang berbeda-beda gambar dan tulisan yang didapatkan mereka. Melalui foto kartu akan ditemukan cara lain dalam pendekatan ke siswa. Ada makna dari setiap foto yang di aplikasi atau dihubungkan kedalam hidup mereka,” tambah Adjie, yang juga salah satu lulusan terbaik universitas Francis ini.

Metode yang kedua, lanjut Aji menggunakan salah satu Tekhnik didalam NLP (Neuro Linguistic Program) yang disebut Tekhnik Anchoring adalah salah satu metode teraphy yang digunakan untuk membantu mengendalikan emosi dan pikiran individu/manusia melalui hipnosis atau sugesti yang diberikan oleh pemateri.

“NLP adalah pendekatan psikologikal yang berkaitan dengan menganalisis strategi yang dipakai oleh seseorang untuk mencapai kesuksesan. Training Neuro Linguistic Program atau Training NLP dalam prosesnya melibatkan analisis pemikiran, bahasa, dan kebiasaan,” papar Adjie.

Sementara itu, Ketua MKKS SMA Lampung Tengah, Drs I Nyoman Suwarmo, M.M menjelaskan, dengan adanya Workshop ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas guru disekolah terutama pada bidang kesiswaan yang bersentuhan langsung dengan siswa.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan pemateri dalam menyampaikan pelatihan yang diberikan. Tentunya dengan skill dibidang Pendidikan, sehingga para Waka siswa, nantinya bisa benar- benar menyerap ilmu yang di dapat dari Adjie Subing dan di Terapkan di Sekolahnya Masing-masing,” ujar Nyoman.

Selain itu, melalui workshop ini lanjut Nyoman, pihaknya juga mengantisipasi kenakalan Pelajar, mulai dari bullying, pelecehan seksual dan geng motor.

“Saya liat metodenya sangat beda dan mudah kita ikuti, inikan yang marak Geng Motor namun di Lampung Tengah sampai saat ini belum ada. Upaya untuk mencegah Hal-hal seperti itu salah satunya Waka Kesiswaan mengadakan Workshop seperti ini dan itu sangat bagus sekali,” tutupnya.

Sementara itu, salah satu peserta workshop Paulina Sutopo Waka Kesiswaan SMA Negeri 1 Terusan Nunyai, mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini.

“Selain menambah ilmu, juga menambah kenalan Waka dari sekolah lainnya dan saling bertukar saran dalam menangani kenakalan siswa disekolah. Harapan saya setelah kegiatan ini metode yang diberikan pemateri dapat berguna bagi sekolah lainnya dan menjadikan dunia pendidikan semakin baik,” pungkasnya.

 

Pewarta : Lami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *