Jakarta

Rieke Diah Pitaloka berikan Motivasi pada 410 PMI saat lakukan pelepasan bersama Kepala BP2MI

Admin
430
×

Rieke Diah Pitaloka berikan Motivasi pada 410 PMI saat lakukan pelepasan bersama Kepala BP2MI

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Jakarta – Rieke Diah Pitaloka berikan Motivasi kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI), saat melakukan Pelepasan 410 PMI skema Government TO Government (G TO G) tujuan Korea Selatan bersama Benny Rhamdani Kepala Badan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Pemberangakatan gelombang 6-7 di tahun 2023. Pelepasan berlangsung di kelapa gading Jakarta. Senin (30/1/23).

Kepala BP2MI Benny Rhamdani, bersama anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka bersama-sama dalam mendukung PMI memberi motivasi dan perlindungan kepada para PMI sesuai instruksi dari Presiden Jokowidodo.

“Kalian adalah pahlawan devisa, negara berhutang kepada kalian,” tegas Benny.

Dan ia melanjutkan, Kami akan membalasnya dengan membuat regulasi yang melindungi kalian, serta membuat fasilitas untuk kalian. Dengan terbatasnya anggaran, maka kita kreatif menjalin kerja sama dengan stakeholder. Untuk itu kami BP2MI butuh kerja sama dengan DPR, karena kami tidak bisa sendiri,” jelas Kepala BP2MI.

Menggapi Hal tersebut Rieke Diah Pitaloka. Rieke menyampaikan bahwa pihaknya saat ini sedang berjuang untuk menyediakan jaminan kesehatan bagi PMI dan keluarganya.

“Saat ini melalui BPJS, PMI telah diberikan fasilitas jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Namun kita sama-sama sedang memperjuangkan agar ke depannya ada juga jaminan kesehatan, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun kepada bukan hanya PMI tapi juga keluarganya, mencakup istri/suami, dan tiga orang anak. Kita akan bersama memperjuangkan ini,” ungkap Duta Buruh Migran ILO ini.

Dikatakannya pula bahwa Indonesia adalah negara hukum. Dulu saat istilahnya masih Tenaga Kerja Indonesia (TKI), perlindungan bagi TKI adalah zolim.

“Namun saat ini telah menjadi PMI, maka kita lawan dan kita bisa seperti sekarang. Negara yang wajib untuk melindungi,” kata Rieke.

Kepala BP2MI juga menegaskan bahwa dalam hal bernegara, prinsip negara adalah membuat regulasi yang berpihak kepada rakyat, yang memberi pembelaan dan perlindungan kepada PMI.

“Tentu regulasi-regulasi ini tidak menyenangkan bagi para sindikat mafia penempatan PMI ilegal. Tapi tidak mengapa karena ini sudah menjadi risiko. Negara tidak boleh kalah, makanya kita butuh teman-teman yang mau menjadi sekutu bersama-sama berjuang demi PMI,” ajak Benny.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan sekaligus Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Agung Nugroho; Ketua DPC Peradi Depok, Khairil Poloan; serta Wakil Presiden Konfederasi Serikat Buruh Muslimin Indonesia (K-Sarbumusi), Soeharjono. Ketiganya menyatakan dukungannya kepada BP2MI dan bersedia menjadi sekutu dalam pemberantasan sindikat mafia penempatan PMI ilegal.

“Kalian semua adalah PMI yang berkompeten, memiliki kemampuan bahasa, telah mengikuti dan lulus ujian, serta ditugaskan oleh negara untuk merebut peluang kerja di luar negeri. Keberangkatan kalian adalah rujukan bagi keluarga dan kenalan kalian. Terima kasih untuk kalian yang memilih jalur yang resmi untuk menjadi PMI,” tutup Benny.

 

 

Pewarta: Yape Mitrapol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *