Nusantara

Bupati Demak Launching Porta Satu Data dan Penandatanganan Komitmen 5 Pilar

Admin
276
×

Bupati Demak Launching Porta Satu Data dan Penandatanganan Komitmen 5 Pilar

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Demak Jateng – Pemerintah kabupaten Demak melalui Dinas Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk memperkuat lima pilar yang selama ini telah terlaksana dalam mewujudkan Kabupaten Pintar (Smart City). Hal ini di wujudkan dengan dilakukanya launching Portal Satu Data Demak serta Penandatanganan Komitmen Bersama terhadap Program Smart City, Sp4n Lapor, Satu Data, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Keterbukaan Informasi Publik di tahun 2023. Yang berlangsung di Gedung Grhadika Bina Praja serta dapat diikuti melalui zoom meeting, Kamis (16/2/23).

Penandatangan di awali oleh Bupati Eisti’anah dilanjutkan oleh Wakil Bupati Ali Makhsun dan Ketua DPRD Fahrudin Bisri Slamet. Penandatanganan dilanjutkan Sekda Akhmad Sugiharto dan di ikuti para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Dinkominfo, Para Pimpinan Perangkat Daerah, Kepala BPS serta Camat.

Dalam laporannya Kepala Dinkominfo Endah Cahyarini mengucapkan terima kasih kepada Bupati Demak yang telah memberikan dukungan untuk melanjutkan program-program berkelanjutan, hal ini merupakan satu arah menuju Visi Kabupaten Demak yaitu Demak yang bermartabat, maju dan sejahtera.

Endah menyebutkan, hari ini merupakan rotasi tahunan yang harus di lakukan bahwa dalam setiap penilaian atau evaluasi program atau kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga setingkat Provinsi maupun tingkat Nasional diperlukan bukti Komitmen Bersama.

“Komitmen kita bersama pada tahun sebelumnya telah menghasilkan beberapa prestasi diantaranya, Program Smartcity dengan quickwin cengkraman mata elang masuk dalam 45 inovasi dan penghargaan dalam pelaksanaan smartliving. Program Pengelolaan Sp4n Lapor menjadi Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Nasional Tahun 2020, 6 Besar Outstanding Achievement Instansi Pemerintah Tingkat Nasional Tahun 2021. Serta Program Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Demak berdasarkan hasil assessment dari Bappeda dan Diskominfo Propinsi Jawa Tengah tahun 2022, Kabupaten Demak masuk 10 besar dalam pengelolaan Satu Data Indonesia dengan tingkat kematangan terpadu,” kata Endah.

“Komitmen Bersama menjadikan kita lebih kuat dan berjaya di semua lini,” tambahnya.

Sementara, Bupati Demak Eisti’anah mengucapkan selamat atas launching satudata.demakkab.go.id. Dengan adanya portal satu data ini akan memudahkan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

“Saya minta kepada OPD untuk bisa konsisten mengirimkan data yang sudah ditetapkan sebagai data prioritas. Dan terpenting jika ada perubahan segera update. Jangan menunda ini sangat penting, karena portal satubdata ini bisa diakses luas oleh masyarakat,” kata Eisti.

Eisti menyebutkan saat ini Pemkab terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan kemudahan bagi warganya. Salah satunya melalui peningkatan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik berbasis smart city.

” Alhamdulillah di tahun 2022 Kabupaten Demak telah menerima penghargaan untuk implementasi quick wins Cengkraman Mata Elang (CME). Diharapkan tahun ini akan muncul quick wins baru 6 pilar Smart City lainnya yang menjadi unggulan kita,” terangnya.

Lanjutnya, untuk itu kita harus bergerak bersama menyamakan persepsi dan kontribusi memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

“Saya minta kegiatan ini bukan ceremonial saja. Namun menjadi titik awal bagi kita semua untuk berkomitmen dan terus berkolaborasi memberikan pelayanan yang lebih mudah, murah dan cepat,” pungkasnya.

 

Pewarta : Safik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *