PUPR

Sambut F1H20, Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Sibea-bea di Samosir

Admin
×

Sambut F1H20, Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Sibea-bea di Samosir

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan beberapa dukungan infrastruktur untuk menyambut gelaran Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1) atau dikenal dengan F1H2O di Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023. Salah satunya yaitu Penataan Kawasan Sibea-bea di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR secara terpadu telah mendukung pembangunan infrastruktur pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Itu yang harus kita jaga betul. Prinsip penataan kawasan wisata ini adalah merubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional,” kata Menteri Basuki.

Penataan Kawasan Sibea-bea seluas 1 Ha ini dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara, Direktorat Jenderal Cipta Karya sejak Mei 2022 dan selesai pada Desember 2022. Anggaran yang dialokasikan sebesar Rp11,68 miliar bersumber dari APBN TA 2022.

Kepala Balai Pengembangan Prasarana Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Syafriel Tansier mengatakan, pekerjaan dilakukan oleh CV Permata Kasih selaku kontraktor dan PT Delta Arsitektur Persada selaku Konsultan Pengawas.

“Lingkup kegiatan meliputi pekerjaan persiapan, pembangunan plaza, bangunan gerbang, kantor pengelola, pos jaga, pos tiketing, toilet, parkir, penataan lansekap, serta MEP Kawasan,” jelas Syafriel.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah membangun jalan akses sepanjang 2,5 km untuk mempermudah akses menuju lokasi wisata Rohani Patung Kristus Penyelamat di Puncak Bukit Sibea-bea. Pekerjaan pembangunan dilaksanakan oleh PT Matio Jaya Cemerlang dengan anggaran APBN senilai Rp Rp 23,3 miliar dan rampung pada Januari 2021 lalu.

Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai salah satu dari 5 kawasan Destinasti Pariwisata Super Prioritas. Dukungan infrastruktur dilakukan Kementerian PUPR secara terpadu untuk pengembangan DPSP Danau Toba melalui penataan kawasan, jalan dan jembatan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk (Sarana Hunian Pariwisata).

Sejumlah pembangunan infrastruktur telah diselesaikan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya demi mendukung pariwisata DPSP Danau Toba. Diantaranya Pembangunan Venue F1H2O di Kawasan Danau Toba untuk menyambut event internasional tersebut, kemudian Penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sidikalang Kabupaten Dairi, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat Kabupaten Simalungun, Pembangunan IPA SPAM IKK Merek dan Jaringan Perpipaan SPAM IKK Merek serta SPAM IKK Paranginan, serta Pembangunan Toilet KSPN Danau Toba.

“Semoga dengan pelaksanaan event selevel internasional menjadi satu momen kebangkitan ekonomi melalui sektor pariwisata di daerah sekitar Danau Toba, dan berharap infrastruktur ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik,” tandas Syafriel. (Red/Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *