Nusantara

Sukses, Walikota Metro Terima Penghargaan APBD Award 2023 dari Kemendagri

Admin
433
×

Sukses, Walikota Metro Terima Penghargaan APBD Award 2023 dari Kemendagri

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Walikota Metro, dr.H.Wahdi Siradjuddin,Sp.OG(K),M.H menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri tentang APBD Award tahun 2023. Wahdi langsung hadir di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta untuk menerima penghargaan tersebut.

Diketahui capaian realisasi APBD Kota Metro sangat tinggi, yaitu sebesar 94.5 persen sangat tinggi bersama 5 besar kota lain se Indonesia.

Wakil Mendagri John Wempi Wetipo, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan, Kepala Daerah yang diundang untuk mendapatkan award ini yang berhasil melakukan beberapa hal, diantaranya:

  1. Yang paling tinggi terhadap realisasi penyerapan anggaran,

  2. Percepatan administrasi dan laporan pertanggungjawaban kegiatan,

  3. Melakukan penyederhanaan bentuk kontrak dan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dengan tetap mempedomani peraturan perundang-undangan,

  4. Mendorong peran aktif dalam melakukan review terhadap dokumem perencanaan dan keuangan,

  5. Meminta pendampingan atau asistensi APH dan KPK.

“Adapun peran Kemendagri untuk mendorong penyerapan APBD yang pertama membentuk tim monitoring bersama antar kementerian dan lembaga terkait, pelaksanaan rapat koordinasi dengan kementerian terkait untuk untuk percepatan pengungkapan petunjuk teknis dana alokasi khusus kegiatan dari kementerian dan lembaga, melakukan monitoring dan evaluasi serta dengan turun langsung ke daerah,” ungkapnya.

Ditambahkannya, tim monitoring, melaksanakan rakor nasional keuangan daerah, provinsi dan kabupaten/kota, mengadakan media dan webinar keuangan daerah setiap hari Rabu setiap Minggu untuk mendorong realisasi APBD, peningkatan kapasitas SDM sosialisasi kebijakan peraturan perundang-undangan, serta memberikan bimbingan teknis pengelolaan keuangan, menetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri, No 79 tahun 2022 Tentang Juknis Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah, menetapkan surat edaran kementerian atau lembaga tentang percepatan pengadaan pelaksanaan barang dan jasa,” kata Wamendagri dalam sambutannya.

Dia berpesan kepada kepala daerah, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi daerah, agar kepala daerah terus monitor setiap Minggu, dan menjaga pertumbuhan ekonomi dan menjaga inflasi. Pertumbuhan ekonomi di daerah menurutnya sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional.
Wahdi mengucap syukur atas hasil prestasi tersebut, menurut Wahdi hal ini didapatkan atas sinergitas dari semua pihak.

“Penghargaan ini tentunya merupakan buah hasil sinergi kerja, antara DPRD dan Forkopimda, para OPD serta dukungan dari masyarakat Metro,” ujar Wahdi.

Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah, Dr. Agus Fatoni, M.Si kepada Walikota Metro.

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *