Info Polri

Hadiri Sosialisasi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran TSDP, Polres Pangandaran Mendukung Kelancaran Semua Program Pemerintah

Admin
273
×

Hadiri Sosialisasi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran TSDP, Polres Pangandaran Mendukung Kelancaran Semua Program Pemerintah

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Pangandaran Jabar – Sosialisasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) di Pelabuhan/Dermaga Kalipucang Kab. Pangandaran, Rabu (15/3/2023).

Kapolres Pangandaran, AKBP Hidayat diwakili Kasatpolairud AKBP Sugianto dan Kapolsek Kalipucang nampak hadir Mengikuti Sosialisasi tersebut, giat ini sebagai tindak lanjut terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 122 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perhubungan dan deklarasi kesiapan pelaksanaan pada tanggal 1 Juni 2021.

Sebelumnya pembinaan transportasi penyeberangan untuk fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, namun kini beralih dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Materi yang dibahas dalam sosialisasi ini meliputi Organisasi dan Kelembagaan SDP yang ideal setelah penambahan tugas dan fungsi (Tusi) keselamatan dan Struktur Anggaran Pelabuhan SDP yang ideal. Serta diskusi panel terkait pelaksanaan Tusi sesuai ketentuan prosedur, penataan regulasi untuk TSDP, Sinergitas dan Pemantapan Implementasi Pelaksanaan Tusi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran SDP.

Saat ditemui di lokasi sosialisasi, Kasatpolairud Polres Pangandaran, mengatakan “Polres Pangandaran, akan selalu mendukung semua program pemerintah, perlu diketahui juga bahwa TSDP ada sebagai salah satu moda transportasi yang memiliki keunggulan lebih ekonomis, ramah lingkungan, serta dapat membuka akses untuk daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan).

“Polres Pangandaran, berharap giat sosialisasi ini dapat berjalan dengan baik, lancar serta menjadi sarana diskusi dan pembelajaran yang baik untuk memantapkan pelaksanaan tugas dan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai, danau, dan penyeberangan,” pungkasnya.

 

Pewarta : Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *