Kapolda Sulut Lepas Kontingen Pramuka Saka Bhayangkara Ikuti Pertikaranas di Palembang

MITRAPOL.com, Sulut – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto melepas kontingen Pramuka Saka Bhayangkara Polda Sulut ke Pertikaranas IV Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan.

Pelepasan kontingen yang akan mengikuti kegiatan Pertikaranas atau Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Nasional tersebut dilakukan melalui upacara, di ruang Catur Prasetya Mapolda Sulut, pada Jumat (11/11) pagi.

Kapolda Sulut dalam sambutannya mengatakan, Pertikaranas ini merupakan sebuah kegiatan penting apalagi tema yang diusung adalah, Merawat Persatuan dan Kesatuan Generasi Muda Menuju Indonesia Emas 2045.

“Pertikaranas yang dilakukan setiap lima tahun sekali merupakan suatu wadah yang sudah direncanakan sedemikian rupa, yang terdiri dari beberapa kegiatan. Di antaranya bakti sosial dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang akan dilakukan oleh seluruh kontingen dari seluruh Indonesia,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Lanjutnya, tujuan Pertikaranas adalah untuk membentuk, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan khususnya Pramuka Saka Bhayangkara yang ditunjuk untuk mengikuti kegiatan ini.

“Juga menciptakan rasa persatuan dan kesatuan, hubungan atau komunikasi, menjalin pertemanan dengan peserta lain dari seluruh nusantara. Kemudian dari situ nanti diharapkan terwujud Pramuka Saka Bhayangkara yang memiliki jiwa patriot, cinta tanah air, dan yang lebih utama diharapkan bisa menjadi pelopor kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada Direktur Binmas Polda Sulut beserta beberapa Kapolres jajaran, Ketua Kwarda dan Kwarcab Gerakan Pramuka Sulut, yang telah berkoordinasi dengan baik selama ini terutama dalam persiapan mengikuti Pertikaranas.

“Kegiatan ini tentu tidak bisa berjalan begitu saja tanpa adanya koordinasi yang sudah dilakukan sedemikian baik. Saya mengucapkan terima kasih atas koordinasi yang telah dilakukan dengan baik selama ini sehingga bisa terpilih, bisa ditunjuk perwakilan atau kontingen dari Sulut untuk bisa mengikuti kegiatan Pertikaranas IV Tahun 2022,” ucap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dirinya berharap, seluruh peserta dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik mungkin.

“Tolong dimanfaatkan dengan baik momen ini. Laksanakan tugas mengikuti kegiatan Pertikaranas ini dengan penuh tanggungjawab. Ingat meskipun adik-adik berada di tempat yang jauh dari Provinsi Sulut, tetapi keberadaan adik-adik semua adalah membawa nama baik Polda Sulut atau sesuai dengan wilayah maupun cabang masing-masing,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Di samping itu, Irjen Pol Setyo Budiyanto pun meminta para peserta untuk menunjukkan kepada rekan-rekan lain yang berasal dari seluruh pelosok nusantara bahwa yang ditunjuk itu adalah betul-betul anggota Penegak dan Pandega yang memenuhi syarat dan kualifikasi serta memiliki kompetensi.

“Setelah itu kembali ke wilayah Sulut bisa menjadi teladan bagi yang lain. Sehingga yang belum memiliki kesempatan untuk mengikuti tahun ini bisa lebih semangat lagi, termotivasi lagi untuk bisa mengikuti event-event lain baik yang dilakukan secara rutin per tahun maupun per lima tahun,” pintanya.

Menutup sambutannya, Irjen Pol Setyo Budiyanto sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas koordinasi dan persiapan yang baik menjelang Pertikaranas ini.

“Sekali lagi terima kasih dan selamat khususnya kepada para peserta dan pendamping yang dipimpin oleh Pak Direktur Binmas Polda Sulut, jaga nama baik Polda Sulut. Selamat melaksanakan Pertikaranas IV Tahun 2022 di Gandus, Palembang, mudah-mudahan dalam pelaksanaannya tetap mendapatkan ridha, anugerah, dan berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Turut hadir dalam upacara pelepasan kontingen yakni, para Pejabat Utama Polda Sulut, Ketua dan Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Sulut beserta para Pembina.

 

Pewarta : Chandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *