Kapolda Sulut Launching Website Simapta dan Buka FGD Harkamtibmas Terintegrasi

MITRAPOL.com, Sulut – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto melaunching website Simapta Direktorat Samapta Polda Sulut yang dirangkaikan dengan membuka kegiatan focus group discussion (FGD) tentang harkamtibmas terintegrasi, pada Selasa (15/11/2022) pagi, di Hotel Luwansa, Kota Manado.

Kapolda mengatakan, website Simapta ini bisa digunakan oleh pihak internal maupun eksternal. Secara internal, katanya, untuk mengetahui aktivitas jajaran Direktorat Samapta Polda Sulut, mulai dari jumlah anggota dan kegiatan-kegiatan yang bersifat internal lainnya.

“Tapi lebih penting lagi, website ini adalah untuk bisa menampung laporan dari masyarakat kalau melihat atau mendengar ada kejadian-kejadian di lokasi tertentu, salah satunya bisa mengirimkan informasi melalui website ini, kemudian nanti akan ditindaklanjuti,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Fungsi lain website Simapta, lanjutnya, adalah untuk mengelola kegiatan-kegiatan pengamanan.

“Jadi yang selama ini mungkin dilakukan secara manual, suratnya harus dikirimkan, harus diterima, dengan adanya website ini bisa langsung mengirimkan foto dari surat permintaan, dan nanti akan diproses kemudian akan dikomunikasikan dengan pihak pemohon,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Pihaknya berharap, dengan adanya website Simapta ini akan mempermudah dan mempercepat pelaksanaan tugas-tugas kepolisian khususnya jajaran Direktorat Samapta Polda Sulut dalam merespons informasi warga masyarakat.

“Masyarakat yang ingin mendapatkan informasi dan membutuhkan kehadiran polisi khususnya dari Direktorat Samapta yang melaksanakan tugas-tugas patroli dan pengamanan serta bantuan pengaturan lainnya, bisa lebih merespons dengan cepat. Setidaknya kalau responsnya cepat bisa mengurangi, memitigasi perkembangan situasi yang di lokasi atau di TKP itu bisa menjadi lebih awal lagi penanganannya,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Sementara itu terkait kegiatan FGD, Irjen Pol Setyo Budiyanto menjelaskan, tema yang diangkat yaitu, “Strategi Peningkatan Harkamtibmas Terintegrasi Guna Menjaga Keamanan Nasional”.

“Artinya terintegrasi, tidak hanya dilakukan oleh Polda Sulut saja. Tapi harapannya, semua stakeholders baik itu pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya bisa terlibat dalam melaksanakan tugas-tugas keamanan di wilayah Sulut,” ucapnya.

Pihaknya pun meyakini, jika masyarakat bisa terlibat dan turut membantu tugas-tugas kepolisian, mengingat masih terbatasnya jumlah personel termasuk sarana pendukungnya, maka akan tercipta situasi keamanan yang kondusif.

“Dengan keterlibatan pemerintah, TNI, masyarakat, lingkungannya bisa dijaga, dan melibatkan kami semuanya, ya setidaknya keamanan di wilayah Sulut ini bisa semakin kondusif, semakin nyaman, masyarakat bisa beraktivitas dan tentu berpengaruh kepada aspek-aspek lain,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Turut hadir dalam kegiatan launching website Simapta yang dirangkaikan dengan FGD tersebut yakni, Forkopimda Sulut atau pejabat yang mewakili, Wakapolda beserta para Pejabat Utama Polda Sulut, dan pejabat instansi terkait lainnya.

 

Pewarta : Chandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *