BP2MI Kerjasama dengan 20 Stakeholder, Benny Rhamdani : Kolaborasi besar dalam Perlindungan PMI

MITRAPOL.com, Jakarta – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), melaunching Standar Operasional Prosedur (SOP) dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kolaborasi yang sangat besar yang terdiri 20 stakeholder, 12 untuk pemerintah Daerah, 5 lembaga Pendidikan dan 3 lembaga Kesehatan.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Abdurrahman Wahid BP2MI, pada Selasa (15/11/2022).

Benny Rhamdani selaku kepala BP2MI, mengatakan dengan Launchingnya 644 SOP Layanan di BP2MI merupakan hal penting, sebagai kitab kerja dan Panduan bagi para pelayan publik serta para ASN di lingkungan BP2MI untuk menyelaraskan sistem dalam bekerja sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi organisasi BP2MI dapat tercapai.

“Sedangkan Penandatanganan MoU adalah sebuah Pemantik untuk memperluasnya kesadaran Ideologis dan keberpihakan kepada PMI serta keluarganya, Karna Pelindungan menyeluruh kepada PMI tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, BP2MI, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Kementerian Luar Negeri. Mandat UU 18/2017 sangat jelas bahwa terdapat sembilan (9) kewajiban pemerintah provinsi pada pasal 40, 11 kewajiban kabupaten/kota pada pasal 41, dan 5 kewajiban pemerintah desa pada pasal 42,” jelas Benny.

“PMI adalah warga Negara yang layak mendapatkan penghormatan dan perlakuan istimewa dari negara”.

Benny Rhamdani mengajak seluruh calon PMI agar bisa mendaftarkan diri dengan perusahaan resmi sehingga nantinya tidak timbul permasalahan yang menyalahi prosedur yang akan merugikan PMI dan kalaupun terkendala dengan biaya, pemerintah daerah tidak ada uang, kita telah memberikan solusi, dengan penggunaan dana KUR pemerintah, Bank Syariah pemerintah, Bank pemerintah Daerah nantinya uangnya bisa diambil untuk Pelatihan bagi calon para pekerja.

Mengenai Migrant Day atau Hari Migran Internasional, Benny mengatakan bahwa untuk tahun ini akan di gelar secara besar-besaran di 5 tempat yaitu Denpasar, Semarang, Kualanamu Medan, Mataram dan Puncaknya nanti si Bundaran HI, dengan kita isi beberapa kegiatan Sosialisasi, Jalan sehat, Wayang Kulit dan beberapa kegiatan lain yang akan kita gelar.

Dalam momen bersejarah ini, Launching SOP dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama disambut Antusias oleh seluruh perwakilan Stakeholder yang hadir pada acara tersebut.

 

Pewarta : Yape Mitrapol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *