Ketua TP.PKK Nanda Indira Dendi Hadiri Pelatihan Kader Pembangunan

MITRAPOL.com, Pesawaran – Nanda Indira Dendi Ketua TP.PKK Kabupaten Pesawaran hadiri kegiatan pelatihan KPM, tersebut dilakukan di tiga tempat yaitu di Balai Adat Kecamatan Kedondong, Balai Desa Banjaran Kecamatan Padang Cermin, dan Balai Desa Gunung Rejo Kecamatan Way Ratai, Selasa 22 November 2022.

Nanda Indira Dendi mengatakan, bahwa desa sebagai satuan pemerintahan terkecil mempunyai kewenangan untuk mengatur, mengurus pemerintahan dan kepentingan masyarakatnya.

“Keterlibatan desa merupakan hal signifikan yang harus diperhitungkan dalam pelaksanaan program pemerintah yang menjadikan masyarakat sebagai sasaran, termasuk upaya pemerintah dalam melakukan percepatan pencegahan stunting di Desa,” kata Nanda.

“Upaya pencegahan stunting membutuhkan keterpaduan penyelenggaraan intervensi gizi pada lokasi dan kelompok sasaran prioritas (Rumah Tangga 1000 HPK). Dan untuk mencapai hal tersebut, diperlukan penyelarasan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan pengendalian kegiatan lintas sektor serta antar tingkatan pemerintah,” timpalnya.

Dirinya menjelaskan, untuk memastikan layanan tersedia di desa dan dimanfaatkan oleh masyarakat, diperlukan adanya tenaga dari masyarakat terutama yang peduli dengan pembangunan manusia di desa, maka dibentuklah Kader Pembangunan Manusia (KPM).

“Sesuai dengan prinsip kerjanya, KPM diharapkan dapat selalu bersinergi dalam melakukan proses perencanaan, pelaksanaan serta pemantauan kegiatan, bersama pelaku program dan lembaga lainnya seperti Bidan Desa, petugas puskesmas (ahli gizi, sanitarian), guru PAUD, dan aparat desa,” ujar dia.

“Kepada para narasumber diharapkan dapat memberikan wawasan berdasarkan kompetensi keilmuan dan pengalaman praktis dilapangan dalam memperkaya khasanah pemikiran peserta kegiatan. Dan kepada para peserta saya menghimbau untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama, dan semoga kita semakin semangat untuk mewujudkan Desa yang tangguh, mandiri, sehat serta bebas stunting,” pungkasnya.

 

Pewarta : Deni W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *