Dugaan praktek pungli program bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang

MITRAPOL.com, Deli Serdang Sumut – Dinas Pertanian Kab. Deli Serdang melaksanakan kegiatan program bantuan mesin kepada kelompok tani di Desa Kota Datar, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang Sumut. Minggu (20/11/22).

Bantuan yang diberikan Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang berupa mesin pompa air berbahan bakar minyak dan elpiji dengan merk SHARK dengan jumlah mesin yang dibagikan kepada kelompok tani 350 unit dan dibagikan ke beberapa desa diantaranya Desa Paluh Manan, Desa Kota Datar dan Desa Kota Rantang.

Namun sangat disesalkan kegiatan tersebut bukan meringankan beban petani namun sebaliknya petani dibebani dengan adanya dugaan praktik pungli terhadap petani dengan alasan uang administrasi yang jumlah nominalnya berkisaran antara 350 ribu sampai 500 ribu perorang.

Dari keterangan seorang petani berinisial BH, dirinya merasa keberatan dengan adanya keharusan membayar 350 ribu kepada panitia pelaksana pembagian bantuan tersebut.

“Bantuan ini kan gratis kenapa diminta uang lagi,” ungkap BH.

Saat wartawan mencoba konfirmasi kepada Ahmad selaku KUPT Pertanian Kecamatan Hamparan Perak, dirinya menghindar dan tidak memberikan keterangan apapun.

Masyarakat meminta kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang agar memeriksa oknum-oknum yang diduga telah melakukan pelanggaran dengan melakukan pungli terhadap petani penerima bantuan.

 

Pewarta : Suhendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *