Nusantara

MTQ Ke – 49 Provinsi Lampung, Gubernur berharap Tingkatkan SDM dan wujudkan Masyarakat Religius Moderat

Admin
396
×

MTQ Ke – 49 Provinsi Lampung, Gubernur berharap Tingkatkan SDM dan wujudkan Masyarakat Religius Moderat

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, MESUJI – Disambut meriah oleh ribuan masyarakat Mesuji, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-49 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Lampung di Alun-alun Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Sabtu (03/12/2022).

Gubernur Arinal mengatakan, bahwa salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, dan di antaranya adalah melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran.

Menurutnya, MTQ merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Quran bagi umat Islam.

“MTQ harus terus digalakkan dalam setiap jenjang, baik Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, bahkan Kelurahan untuk meninggikan Kalam Allah dan memupuk kecintaan umat terhadap Al-Quran,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga mengucapkan salam hormat kepada seluruh tokoh lintas umat beragama yang ada atas peran sertanya dalam mensukseskan kegiatan MTQ.

“Salam hormat saya kepada seluruh tokoh lintas umat beragama Provinsi Lampung atas peran sertanya, hal ini tentu selaras dengan tema kegiatan kita yakni dengan MTQ kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qurani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat Menuju Lampung Berjaya,” ujar Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga berpesan kepada para peserta MTQ agar tidak hanya mengejar kemenangan, akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Quran, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.

Kemudian kepada Pemerintah Kabupaten Mesuji sebagai tuan rumah dan kepada panitia pelaksana serta seluruh pihak, Gubernur menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi yang mendalam sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Penjabat Bupati Mesuji, Sulpakar, mengawali sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, serta seluruh undangan lainnya.

“Terimakasih dan selamat datang kami sampaikan kepada Gubernur Lampung dan ibu, serta seluruh Bupati Walikota se-Lampung yang hadir di Kabupaten Mesuji, suatu kebanggaan bagi kami Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Mesuji,” ucapnya.

Sulpakar menyampaikan bahwa MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung diikuti oleh 646 peserta, dengan rincian 327 Peserta Putra dan 316 Peserta Putri, kemudian Dewan Hakim 125 orang dan Pengawas 12 orang.

Selanjutnya, bersamaan dengan digelarnya MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung, ditempat yang sama Kabupaten Mesuji juga tengah menggelar Festival Pembangunan Mesuji Expo 2022.

“Mesuji Expo 2022 digelar selain untuk turut menyemarakan kegiatan MTQ, juga sebagai indikator sejauh mana program pembangunan di Kabupaten Mesuji telah dilaksanakan, selain itu, tentu sebagai ajang promosi sektor-sektor unggulan di Kabupaten Mesuji,” ucap Sulpakar.

Adapun Sekretaris Umum LPTQ Nasional Drs. H. Ahmad Jayadi, M.Pd yang juga menjabat sebagai Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama RI, pada kesempatan tersebut menyatakan bahwa MTQ merupakan salah satu bentuk ekspresi beragama umat Islam di Indonesia yang kemudian dipatenkan oleh pemerintah menjadi kegiatan yang formal, dimana semua lapisan masyarakat dapat meramaikan dan mengikutinya.

Sejak pertama dilaksanakan pada tahun 1968, MTQ telah memberikan dampak yang besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al-Quran, hal ini dapat dilihat dari tumbuhnya Pesanteren-pesantren, lembaga-lembaga penghafal Al-quran yang kebaikannya sangat signifikan setiap tahunnya.

“Dengan adanya MTQ ke-49 tingkat Provinsi Lampung ini, diharapkan dapat mendorong perilaku masyarakat yang sesuai dengan ajaran Al-Quran dan mampu menghormati perbedaan-perbedaan, serta dapat hidup berdampingan dalam bingkai keragaman,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut Gubernur Lampung menyerahkan Piala Bergilir MTQ Tingkat Provinsi Lampung kepada Pj Bupati Mesuji. Gubernur juga melakukan pelepasan anak panah sebagai tanda dibukanya secara resmi MTQ Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2022.

Pembukaan MTQ dihadiri pula oleh Anggota DPD RI daerah pemilihan Lampung, Ir. H. Abdul Hakim, Forkopimda Provinsi Lampung, Forkopimda Kabupaten Mesuji, dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Mesuji.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *