Gelar Lokmin Linsek, Kepala Puskesmas Maja sosialisasikan bahaya gigitan ular

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Puskesmas Maja mengadakan rapat Lokakarya Mini Lintas Sektor (Lokmin Linsek) membahas tentang capaian yang sudah dilakukan dan dicapai Puskesmas Maja, di Ruang Rapat Puskesmas Desa Maja Kecamatan Maja Kabupaten Lebak. Kamis (7/12/22).

Rapat dibuka oleh Kepala Puskesmas Maja Hj. Deminah, PS.,SST, dan di hadiri Camat Maja, Polsek Maja, Koramil Maja dan seluruh pemerintah desa, beserta karyawan terkait dan perwakilan dari kader masyarakat.

Dalam sambutannya, Hj. Deminah menyampaikan,”Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kerjasama tim dan memantau cakupan pelayanan Puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi Puskesmas agar lebih baik sehingga lebih maju, ujarnya

Dalam kesempatan ini, Hj. Deminah mensosialisasikan tentang bahayanya gigitan Ular. Hj. Deminan menghimbau kepada warga agar jika terkena gigitan ular jangan sekali kali diikat, karena jika bekas gigitan ular diikat akan semakin berbahaya, jelas Hj Deminah.

Lanjut Hj. Deminah, jika ada warga ada yang terkena gigitan ular, terlebih dahulu cukup didiam kan saja, jangan sekali kali dibawa gerak, apa lagi sampai diikat pakai tali dan segala macem, itu akan semakin bahaya.

Berdasarkan ilmu yang semakin berkembang, penanganan gigitan ular tidak harus selalu mengunakan obat ABU atau anti bisa ular, melainkan bisa dengan imobilusasi daerah yang terkena gigitàn ular dengan memakai biday/spalk/laha bahasa kampungnya lalu di bawa ke Puskesmas untuk diobservasi selama 24 jàm dengan mengambil darah pasien korban gigitan ular tersebut

Itu pun sebelumnya harus diketahui jenis ular yang menggigitnya berbisa atau tidak berbisa semua ini harus sering disosialisasikan ke banyàk orang supaya semua masyarakat bisa melakukan penanganan pertama pada gigitan ular, pungkasnya.

 

 

 

Pewarta : Mad/Jul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *