Nusantara

Ini Kata Pj Bupati Sarolangun saat buka kegiatan Forum Konsultasi Publik, Tegaskan Opd jangan hanya diatas kertas cek ke lapangan

Admin
293
×

Ini Kata Pj Bupati Sarolangun saat buka kegiatan Forum Konsultasi Publik, Tegaskan Opd jangan hanya diatas kertas cek ke lapangan

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Sarolangun – Kamis (02/03/2023) Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan forum Konsultasi Publik dalam rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2024, di aula kantor Bappeda Sarolangun.

Acara dibuka secara langsung oleh Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, Ketua Komisi I DPRD Sarolangun Drs Fahrul Rozi, M.Si, Waka Polres Sarolangun Kompol Sandy Muttaqin, SH, Danramil 420-01 Batang Asai Kapten INF Husnan Efendi, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sarolangun, Kasi Intel Kejari Sarolangun Jenda, SH.

Pada acara tersebut hadir juga para Asisten dan Staf Ahli Bupati Sarolangun, Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad, S.Ag, serta para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun,Kabid Pendanaan M. Ikhsan, dan sejumlah ormas, OKP, LSM dan wartawan dari berbagai media serta tokoh masyarakat Kabupaten Sarolangun.

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Sarolangun mengatakan bahwa proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah mengacu atas dasar UU Nomor 25 Tahun 2004 dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Sebelumnya pihaknya telah melaksanakan pelaksanaan Musrenbang mulai dari tingkat desa, kecamatan, yang kemudian dilanjutkan dengan tahapan forum konsultasi publik, forum gabungan OPD dan Musrenbang Tingkat Kabupaten Sarolangun.

“Setelah forum konsultasi publik, pada tanggal 15 Maret 2023 akan kita laksanakan akhir dari proses rancangan kerja pemerintah daerah ini pada Musrenbang tingkat Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Kepala bapeda H.muhammad juga menjelaskan bahwa kegiatan forum konsultasi publik memiliki tiga tujuan utama, “Pertama, Untuk mensosialisasikan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Sarolangun tahun 2024 kepada seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Sarolangun.

Kedua, Mendapatkan masukan dan gagasan pemikiran dari sudut pandang publik, pemangku kepentingan bagaimana arah kebijakan dan Rencana Kerja Pemerintah daerah tahun 2024 mendatang.

“Dan ketiga meningkatkan Transparansi proses perencanaan dan akuntabilitas perencanaan pembangunan tahun 2024. Tidak semua unsur masyarakat dapat kami undang, karena dalam keterbatasan proses anggaran dan yang tidak terundang menjadi bahan pertimbangan kami untuk masa yang akan datang,” ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan bahwa pada prinsipnya proses pembangunan itu harus dimulai dari perencanaan. Dimana perencanaan yang semuanya berangkat dari data. Sebab, menurutnya berdasarkan data dan fakta, semua rencana kegiatan akan terlaksana dengan baik.

“Untuk data dan fakta sudah kita ketahui semuanya. Saya sudah berjalan hampir semua kecamatan, termasuk desa-desa yang jauh sudah saya datangi. Dari hasil kami kelapangan, hampir 70 persen infrastruktur kita baik sarana pendidikan dan sarana kesehatan itu belum memadai, mulai dari jalan, mengenai jalan sempat menyebut ada pengerjaan jalan aspal baru selesai beberapa bulan aspal sudah bergulung,” tegasnya.

Maka dari itu, Henrizal pun menegaskan agar para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun untuk turun langsung mengecek kelapangan bagaimana kondisi dilapangan, agar nantinya arah kebijakan pembangunan dan proses perencanaan dapat berjalan dengan baik.

Tanpa data, apa yang bisa kita lakukan. Maka saya minta kadis kesehatan, kepala Bappeda, kadis diknas, kadis pupr, cek kelapangan. Saya tegaskan, kabupaten Sarolangun kondisinya seperti ini.

“Belum lagi bicara soal sumber daya manusia, banyak guru-guru dan tenaga medis di daerah terpencil tidak memadai rumah gurunya, dan juga rumah tenaga medis banyak yang bocor,” ujarnya

”Artinya Kabupaten Sarolangun kedepan mau kita apakan, maka mari kita bekerja ikhlas. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD kabupaten Sarolangun tahun 2024 saya nyatakan dibuka,” kata PJ Bupati.

 

Pewarta : Hardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *