Nusantara

Enam Desa di Kab Pakpak Bharat Dapat Program Pamsimas 2023

Admin
×

Enam Desa di Kab Pakpak Bharat Dapat Program Pamsimas 2023

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Pakpak Bharat – Sebanyak enam Desa di Dua Kecamatan se-Kabupaten Pakpak Bharat jadi prioritas penyelenggaraan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Kementerian PUPR pada 2023.

Kepastian akan hal ini disampaikan oleh Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor melalui Kepala Dinas PUTR Dan Perhubungan Kabupaten Pakpak Bharat, Maringan Bancin, ST, MT usai mengikuti “Kick Off Pamsimas 2023″ di Kementerian PUPR, Jakarta (07/03/2023)

“Puji Tuhan, tahun ini kita mendapatkan manfaat dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR berupa Program Pamsimas di dua Kecamatan dan enam Desa, program ini merupakan upaya Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat khususnya pemenuhan air bersih,” jelas Maringan Bancin.

Maringan Bancin juga merinci enam Desa di Dua Kecamatan yang menjadi prioritas Pamsimas tahun ini yakni Desa Majanggut I, Majanggut II, Pardomuan, Surung Mersada (masing-masing di Kecamatan Kerajaan), Desa Pagindar dan Sibagindar di Kecamatan Pagindar.

Maringan Bancin berharap agar nantinya masyarakat dapat ikut berperan aktif dan mengawal pelaksanaan program Pamsimas tersebut.

“Harus kita akui banyak peran dari berbagai pihak disini, ada peran penting dari Bapak Bob Mamana Sitepu, Anggota Komisi V DPR RI yang begitu gigih meyakinkan pihak Pemerintah Pusat bahwa kita di Kabupaten Pakpak Bharat sangat membutuhkan sarana air minum yang memadai,” jelas dia.

Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono menyebut Pamsimas merupakan kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat dan menjadi target prioritas nasional dalam pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan pembangunan di Daerah.

Program ini, kata dia, bertujuan untuk meningkatnya pemenuhan infrastruktur permukiman yang layak dan aman sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Pamsimas merupakan bagian dari program penyediaan air minum. Kalau di perkotaan punya SPAM reguler atau IKK, di pedesaan ada Pamsimas yang sudah dilaksanakan sejak 15 tahun lalu. Saat ini sudah ada sekitar 37.000 unit Pamsimas dan telah melayani 25,9 juta jiwa,” Jelas Menteri PUPR.

 

Pewarta : Lamhot P Malau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *