Rapat Paripurna, DPRD Sulsel terima laporan LKPJ Gubernur Sulsel

MITRAPOL.com, Makassar Sumsel – Dewan Perwakilan Rakyat DPRD Provinsi Sulawesi Selatan laksanakan rapat paripurna DPR bersama Gubernur sulsel di ruang rapat gedung DPRD Lantai 3, Jum’at 31/03/2023 di Jl. Urip sumoharjo Kota Makassar.

Ada dua agenda rapat pertama Penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sulsel akhir TA 2022 dan laporan penyampaian hasil reses masa persidangan II Th sidang 2022/2023 oleh masing masing fraksi di DPRD Sulsel.

dalam rangka penyampaian nota pengantar LKPJ Gubernur Sulsel akhir tahun anggaran 2022 penyampaian LKPJ Gubernur akhir tahun anggaran 2022 ini sesungguhnya merupakan kewajiban konstitusional yang diemban oleh Gubernur sebagaimana tertuang dalam pasal 71 dan pasal 11 undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah serta pasal 19 dan pasal 20 peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah, dan pasal 18 ayat 1 dan Mendagri nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan PP nomor 13 tahun 2019, Jelas Andi Ina.

pada intinya menegaskan bahwa kepala daerah menyampaikan LKPJ kepada DPRD dalam rapat paripurna yang dilakukan satu kali dalam satu tahun paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berikutnya paling lambat 30 hari setelah LKPJ diterima DPR harus melakukan pembahasan terhadap LKPJ dan berdasarkan hasil pembahasan LKPJ tersebut DPR akan memberikan rekomendasinya kepada Gubernur dari berbagai aspek dan substansi yang menghasilkan rekomendasi dewan guna mendukung dan mempercepat pencapaian visi misi Gubernur sebagaimana tertuang dalam dokumen perencanaan lainnya yang telah kita sepakati bersama, tambah Ina.

Selanjutnya ketua DPR andi ina kartika memberikan kesempatan kepada Gubernur sulsel Andi Sudirman sulaiman untuk menyampaikan laporan LKPJ di podium. pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya terputus kepada pimpinan dan anggota DPRD provinsi Selatan terutama atas dukungan harmonisasi dan kerjasamanya sehingga sinargitas kita antara pihak legislatif dan eksekutif terhadap seluruh jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di provinsi Sulsel perjalanan yang baik selama tahun anggaran 2022, pungkas Andi Sudirman yang akrab di sapa Gubernur Andalan Sulsel.

Gubernur Sulsel ASS juga bacakan Kinerja keuangan dan rasio pencapaian TA 2022 terjadi peningkatan termasuk PAD tumbuh diatas rata rata-rata capaian dan target semua OPD Pemprov Sulsel dan beberapa penghargaan yang di dapatkan Pemprov Sulsel di Tahun 2022.
Sebanyak 14 halaman LkPJ dibacakan oleh Gubernur Andalan dan selanjutnya dokumen LkPJ secara tertulis diserahkan kepada Ketua DPRD Sulsel dalam hal ini ke DPRD Sulsel.

Selanjutnya melangkah ke agenda kedua Penyampaian hasil reses oleh masing masing fraksi di DPR, berawal dari frakasi partai Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, Fraksi PKS, Fraksi PPP, Fraksi PDIP dan Fraksi PKB.

Setelah penyampaian laporan hasil reses oleh semua fraksi maka paripurna dianggap selesai.

Pimpinan rapat oleh ketua DPRD sulsel didampingi Wakil ketua Darmawangsyah Muin Dan wakil ketua ust.Muzayyin. dan sejumlah anggota dewan turut hadir bersama OPD Pemprov sulsel.

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *