Nasional

Duduki urutan teratas survei ISC, Anton Charliyan : Prabowo Subianto jadi pilihan tepat

Admin
680
×

Duduki urutan teratas survei ISC, Anton Charliyan : Prabowo Subianto jadi pilihan tepat

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Jakarta – Lembaga survei, Indonesia Survei Center (ISC) merilis elektabilitas survei Capres jelang Pemilu 2024, dimana hasilnya, nama Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto berada diurutan teratas.

Dalam survei, peneliti senior ISC, Chairul Ansari, memberi dua pertanyaan tertutup dan terbuka mengenai tokoh yang akan dipilih masyarakat jika pemilu dilakukan hari ini.

Pada pertanyaan tertutup, Prabowo meraih 33,5 persen suara. Angka ini jauh meninggalkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang berada diurutan kedua dengan meraih 18,4 persen. Selain kenaikan elektabilitas, Prabowo juga menempati posisi nomor satu sosok paling populer dan disukai publik.

Sejumlah alasan melambungnya elektabilitas Prabowo ini karena kinerja Prabowo Subianto sebagai Menhan yang dinilai baik dan ini menjadi alasan utamanya, kemudian, disusul dengan sinyal dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terus menguat.

Dihubungi awak media, Sekjen Prawiro Indonesia GMP, Irjen Pol (Purn) Dr. H. Anton Charliyan, MPKN mengatakan, “Kami dari Prawiro Indonesia GMP sangat siap untuk mendukung dan juga memilih Pak Prabowo Subianto Djojohadikusumo menjadi pengganti serta penerus Joko Widodo, demi mewujudkan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi sebuah negara yang adil, berdaulat, dan menjadi negara maju di masa depan,” ujarnya, Senin (15/5/23).

Adapun alasan Prawiro Indonesia GMP mendukung Prabowo Subianto nyapres (nyalon presiden) pada Pilpres 2024 dan memenangkannya sebagai Presiden Indonesia periode mendatang, karena Prabowo memenuhi kriteria sebagai pemimpin sebuah negara besar dengan jumlah penduduk banyak.

“Sebagai seorang pemimpin, ada banyak kualitas yang harus dimiliki agar bisa menjadi pemimpin yang baik. Terkadang, orang-orang berpikir bahwa pemimpin hanya perlu memiliki untuk memberikan instruksi dan mengambil keputusan, tetapi sebenarnya ada lebih banyak kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik,” jelas mantan Kapolda Jabar ini.

Menurut Anton Charlian, nama Prabowo Subianto cukup dikenal luas di luar negeri dan punya hubungan internasional yang sangat baik dengan negara besar, juga menguasai semua sector seperti ekonomi, politik, pertanian, militer dan lainnya, ”Apalagi sebagai Menhan, beliau sangat berhasil dan banyak meraih prestasi yang membanggakan,” tegasnya.

Anton Charlian juga mengatakan, bahwa seorang pemimpin harus memiliki kredibilitas yang mumpuni, terutama memimpin Indonesia sebagai negara besar yang memiliki jumlah penduduk banyak. Kredibilitas adalah hal yang harus diperhitungkan sebagai salah satu kriteria pemimpin yang baik. Seorang pemimpin yang kredibel adalah seseorang yang dapat dipercaya dan dihormati oleh orang-orang di sekitarnya.

Lanjut Anton Charliyan, Kemampuan berkomunikasi merupakan kriteria penting lainnya yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Kriteria pemimpin yang baik ini mengharuskan seseorang dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan anggota timnya. Pemimpin tersebut harus mampu memberikan arahan yang jelas dan membantu memotivasi anggota timnya untuk mencapai tujuan bersama. Dia memberikan contoh sederhana, kalau Prabowo Subianto menguasai beberapa bahasa asing saat berkomunikasi maupun berpidato, juga berpidato tanpa teks, memberikan arahan yang tepat dan lainnya.

Kemudian kriteria pemimpin yang baik lainnya adalah harus memiliki nilai-nilai yang kuat dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang benar. Seorang pemimpin yang berbasis pada nilai akan dapat memimpin dengan cara yang adil dan menghormati hak orang lain. Pemimpin tersebut juga akan menunjukkan tanggung jawab sosial dan kesadaran lingkungan yang baik.

“Selain poin-poin di atas, kriteria pemimpin yang baik lainnya adalah harus mampu memimpin dengan contoh yang baik. Ini berarti bahwa seorang pemimpin harus melakukan apa yang dirinya katakan kepada orang lain. Pemimpin tersebut harus mengambil tanggung jawab pribadi atas tindakan dan keputusannya, serta berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang pemimpin tersebut ajarkan kepada orang lain,” tuturnya

Demikian pula, kriteria penting lainnya yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Seorang pemimpin harus dapat memotivasi timnya untuk bekerja keras dan mencapai tujuan bersama. Pemimpin tersebut harus mampu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan individu dalam timnya, serta membantu mereka meraih potensi terbaik mereka.

“Seorang pemimpin juga harus dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Dunia bisnis dan lingkungan kerja selalu berubah, dan seorang pemimpin yang baik harus dapat beradaptasi dengan cepat dan efektif. Dirinya harus mampu mengidentifikasi perubahan yang terjadi, dan kemudian mengambil tindakan yang tepat untuk menangani perubahan tersebut,” ungkap mantan Kadiv Humas Polri ini.

Menurutnya, seorang pemimpin yang baik harus memiliki keberanian untuk mengambil keputusan sulit. Pemimpin tersebut harus mampu membuat keputusan yang tepat untuk kebaikan tim dan organisasi secara keseluruhan. Seorang pemimpin yang baik tidak boleh takut mengambil risiko atau membuat kesalahan, asalkan keputusan itu didasarkan pada informasi yang cukup dan pertimbangan yang matang.

Demikian pula, kemampuan problem solving adalah kriteria pemimpin yang baik lainnya yang harus dimiliki. Seorang pemimpin harus mampu mengatasi masalah yang muncul di tim atau organisasi. Pemimpin yang ideal harus mampu mengidentifikasi masalah dan mencari solusi yang efektif untuk menyelesaikan masalah tersebut. Seorang pemimpin yang baik harus kreatif dan inovatif dalam mencari solusi, serta mampu berpikir di luar kotak.

Hal yang tak kalah pentingnya yakni memiliki rasa empati pada diri seorang pemimpin.Empati adalah kriteria terakhir yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Seorang pemimpin harus mampu memahami perasaan dan kebutuhan anggota timnya. “Pemimpin yang baik harus mampu mendengarkan dan memberikan dukungan ketika diperlukan. Seorang pemimpin yang baik juga harus mampu berempati dengan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya, serta mempertimbangkan dampak keputusan organisasi pada mereka,” tuturnya.

Dengan mengetahui kriteria pemimpim yang ideal dan juga karena banyak “kelebihan” keunggulan, berwawasan luas, kinerja yang bagus serta disegani oleh pemimpin negara lain dibandingkan dengan capres lainnya, maka tidak berlebihan jika Prabowo Subianto adalah sosok pemimpin yang layak memimpin Republik Indonesia (NKRI) di masa yang akan datang; Prabowo Subianto harus menang pada Pilpres 2024 dan menjadi Presiden Indonesia periode mendatang, pungkas Abah Anton, panggilan akrab Anton Charliyan

Red/Rls

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *