Info Polri

Polisi dan BKSDA Jabar Evakuasi Macan Tutul di Kalibunder Sukabumi

Admin
309
×

Polisi dan BKSDA Jabar Evakuasi Macan Tutul di Kalibunder Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Polisi dan BKSDA Jabar Evakuasi Macan Tutul di Kalibunder Sukabumi

MITRAPOL.com, Sukabumi Jabar – Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede, memberikan apresiasi atas kinerja Kapolsek Kalibunder, Iptu Taufick Hadian, S.IP, dan anggota SPKT I dalam penanganan penemuan satwa liar jenis macan tutul. Peristiwa ini terjadi di Kampung Cikalaces, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/12/2023), sekitar pukul 07.20 Wib.

Kapolsek Kalibunder menjelaskan, kegiatan ini fokus pada pengecekan penemuan satwa liar yang terjerat perangkap babi liar milik warga sekitar.

“Langkah cepat diambil dengan berkoordinasi dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Jawa Barat, dan bekerjasama dengan tim dokter dari PPSC (Pusat Penyelamat Satwa Cikananga) Nyalindung, Kabupaten Sukabumi,” ucap Kapolsek Kalibunder Iptu Taufick Hadian.

Kapolres Sukabumi melalui Kasi Humas Polres Sukabumi Iptu Aah menambahkan bahwa sekitar pukul 15.00 Wib, tim BKSDA Jabar dan PPSC Nyalindung berhasil menyelamatkan macan tutul jantan dengan cara tembak bius. Setelah pembiusan, dilakukan pemeriksaan fisik oleh tim dokter hewan dari PPSC Nyalindung yang menyatakan bahwa satwa tersebut dalam kondisi sehat.

“Rencananya, macan tutul tersebut akan dirawat di PPSC Nyalindung dengan kerjasama dari BKSDA Jabar. Kami mengapresiasi langkah cepat Kapolsek Kalibunder dan tim dalam menangani kasus ini, ” kata Aah.

“Kolaborasi dengan pihak terkait seperti BKSDA dan PPSC sangat membantu dalam evakuasi dan penanganan satwa liar. Keberhasilan ini menunjukkan sinergi yang baik dalam menjaga keseimbangan alam dan melindungi satwa liar di wilayah Sukabumi.” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *