NasionalPUPR

Kementerian PUPR: Layanan Jalan dan Jalan Tol Baru Perlancar Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Admin
×

Kementerian PUPR: Layanan Jalan dan Jalan Tol Baru Perlancar Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mendukung upaya peningkatan kelancaran arus lalu lintas dalam rangka perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Evaluasi bersama Komisi V DPR RI mengatakan, secara umum arus mudik/balik pada jalan tol dan jalan nasional saat libur Natal 2023 dan Tahun 2024 yang lalu berjalan lancar, terutama dengan adanya tambahan jalan tol yang dibuka fungsional dan kondisi jalan nasional dengan tingkat kemantapan rata-rata di atas 95%.

“Khusus untuk Natal 2023 & Tahun Baru 2024, jalan tol fungsional baru sepanjang 115 km untuk membantu kelancaran lalu lintas. Sedangkan untuk Jalan Nasional Pulau Jawa sepanjang 6.501 km dengan kondisi Mantap 97%, Jalan Nasional Provinsi Bali sepanjang 590 km kondisi mantap 99%, Jalan Nasional Pulau Sumatera sepanjang 13.418 km kondisi mantap 95%, Jalan Nasional Pulau Kalimantan sepanjang 8.036 km kondisi mantap 92%, dan di Pulau Sulawesi sepanjang 8.794 km kondisi mantap 95%,” kata Sekjen Zainal Fatah, Kamis (18/1/2023).

Dikatakan Sekjen Zainal Fatah, panjang jalan tol operasional di Indonesia saat ini adalah 2.816 km yang dikelola oleh 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada 73 ruas. Ruas tol tersebar di Pulau Sumatera sepanjang 865 km, Pulau Jawa 1.782 km, Pulau Bali 10 km, Pulau Kalimantan s 97 km, dan Pulau Sulawesi sepanjang 62 km. Untuk mendukung kenyamanan pengendara, terdapat 132 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang tersebar di seluruh jalan tol.

“Ruas tol fungsional mendukung kelancaran Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 meliputi Tol Jakarta Cikampek II Selatan (Segmen Kutanegara – Sadang, 8,5 km) dan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA (Segmen Kartasura -Karanganom, 13 km). Selain itu uga telah dilakukan perbaikan/pelebaran jalan tol Cikampek – Palimanan KM 71- KM 85,” kata Sekjen Zainal Fatah.

Jalan tol fungsional pada Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terdapat di Pulau Sumatera yakni Tol Binjai – Langsa (Segmen Kuala Bingai – Tanjung Pura 19 km), Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Seksi JC Tebing Tinggi – SS Sinaksak 47 km), dan Tol Bangkinang – Pangkalan (Segmen Bangkinang – Tanjung Alai 27 km).

Sekjen Zainal Fatah mengatakan, Kementerian PUPR juga berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, POLRI (Korlantas) dan BUJT dalam pembatasan dan pengalihan kendaraan angkutan barang yang melintas di jalan tol, peningkatan kapasitas jalan dengan penerapan contra flow/buka-tutup jalan tol secara kondisional berdasarkan pemantauan lalu lintas di lapangan (CCTV/RTMS) atau sesuai pengaturan Korlantas Polri. “Juga dukungan sosialisasi di jalan tol terkait pembelian tiket penyeberangan kapal secara online melalui Ferizy,” ujarnya.

Secara rinci, dukungan lain yang diberikan Kementerian PUPR antara lain menyiapkan mobile reader, gardu transaksi beroperasi secara penuh, dan penyiagaan genset 24 jam, optimalisasi penggunaan Rest Area Management System (RAMS), CCTV untuk pemantauan kapasitas parkir serta pengawasan keamanan dengan menugaskan personil satgas.

“Kementerian PUPR juga menghentikan sementara pekerjaan proyek yang berpotensi menganggu lalu lintas dan Petugas Siaga dengan pompa mobile untuk antisipasi genangan air. Teraedia juga aplikasi Tol Kita yang dapat diakses melalui telepon seluler untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, prakiraan cuaca, call center, peta jalan tol, dan info tempat istirahat dan pelayanan,” kata Sekjen Zainal Fatah.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dalam kesimpulan rapat mendorong untuk terus diselesaikan pembangunan jalan tol di seluruh Indonesia, mengingat manfaatnya untuk meningkatkan konektivitas terutama dalam mendukung arus mudik seperti dalam Libur Natal dan Tahun Baru. (Red/Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *