Nusantara

Kapus Perhubungan Laut Lantik dan Lepas 2.248 Perwira Transportasi Laut Poltekpel Banten

Admin
340
×

Kapus Perhubungan Laut Lantik dan Lepas 2.248 Perwira Transportasi Laut Poltekpel Banten

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Tangerang Banten – Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten melaksanakan upacara pelantikan dan pelepasan perwira tranportasi laut, sebanyak 2.248 perwira telah dilantik oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut Dr. Ir. Ahmad M.MTr., QIA .,CFr. A., Para perwira yang dilantik terdiri dari Program Diklat Pelaut Peningkatan Serta Program Diklat Pelaut Pembentukan dan Diploma III Politeknik Pelayaran Banten tahun 2024, bertempat di Gedung Auditorium Aldebaran Poltekpel Banten, Selasa (30/1/2024).

Lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat II, III, IV, dan V Bidang Keahlian Nautika dan Teknika, Diklat Pelaut Pembentukan III dan IV, dan Diploma III yang dilantik pada hari ini, telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai IMO Model Course 7.01, 7.02, 7.03 dan 7.04 dengan sistem dan metode pembelajaran sesuai masa studi masing-masing. Upacara pelantikan dan pelepasan perwira transportasi kali ini mengusung tema “Perwira Transportasi Laut yang Unggul, Berdaya Saing dan Berbasis Teknologi Menuju Indonesia Emas 2045”. Hal ini memberi pemahaman secara inklusif kepada masyarakat, khususnya sektor maritim untuk Perwira Transportasi yang unggul merupakan modal untuk mampu bersaing dan berkompetisi di dunia kerja. Softskill dan hardskill yang harus senantiasa ditambah dan diperbaharui agar menyesuaikan dengan kemajuan teknologi yang semakin modern.

Dr. Ir. Ahmad M.MTr., QIA .,CFr. A., Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut dalam amanatnya menyampaikan agar para pelaut Indonesia yang telah menyelesaikan berbagai jenjang pendidikan dan pelatihan dengan potensi sumber daya maritim yang sangat besar dan visi misi menjadi poros maritim dunia, Indonesia membutuhkan SDM Maritim yang unggul dan kompeten, “saya mengimbau saudara-saudari memahami betul peran saudara dan dengan semangat mendedikasikan ilmu yang didapat selama pendidikan dan pelatihan guna mewujudkan visi misi tersebut,” ujarnya.

Dr. Ir. Ahmad juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan pendidikan dan pelatihan serta harus siap untuk mendharmabaktikan diri untuk mempertahankan dan meningkatkan kejayaan kita dilaut. Serta memberi apresiasi kepada civitas akademika Poltepel Banten. Khususnya para dosen dan instruktur dalam upaya mendidik dan melatih para generasi maritim indonesia sehingga mampu melahirkan perwira-perwira transportasi laut yang unggul dan berdedikasi tinggi dan berperan aktif pada perkembangan dunia maritim guna mewujudkan indonesia emas 2045 melalui sektor maritim.

Hal yang menarik dalam acara pelantikan dan pelepasan perwira transportasi laut Poltekpel Banten kali ini yaitu penandatanganan MoU kerjasama dengan beberapa perusahaan pelayaran yang disaksikan langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, serta pemberian santunan kepada anak-anak yatim dari yayasan. Dan yang paling menarik bagi para wisudawan yaitu pelaksanaan sistem Delivery On atau pemberian ijasah secara langsung kepada para wisudawan setelah selesai pelaksanaan upacara pelantikan. Seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan proses diklatnya dan dinyatakan lulus serta melengkapi seluruh administrasi dapat langsung mengambil ijazah diloket pelayanan Gedung Satu Atap Politeknik Pelayaran Banten.

Usai pelaksanaan pelantikan dan pelepasan, wisudawan beserta keluarga disajikan hiburan menarik dari pertunjukan seni tari dan seni bela diri, penampilan marching band Gempita Swara Bahari Poltekpel Banten, serta pertunjukan Barongsari yang juga menjadi atraksi menarik perhatian bagi seluruh tamu undangan di lapangan Seven Ocean. Wisudawan dan keluarga sangat antusias dengan hiburan ini. Acarapun ditutup dengan joget bersama para wisudawan, keluarga dan tamu undangan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *