Nusantara

Tambang Batu Bara Ilegal Samboja Marak Beroperasi, Warga Tutup Jalan Holling

Admin
744
×

Tambang Batu Bara Ilegal Samboja Marak Beroperasi, Warga Tutup Jalan Holling

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Kukar Kaltim – Kegiatan tambang Batu Bara ilegal di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur masih marak beroperasi. Para penambang tidak menghiraukan aparat penegak hukum. Padahal acap kalo di razia oleh (Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum).

Seperti yang terjadi di RT. 5, Kelurahan Margo Mulyo, Kecamatan Samboja Barat, pemilik lahan menutup jalan Holling karena belum dilakukan ganti rugi oleh penambang berinisial M. Namun demikian penambang masih saja melakukan kegiatannya.

Sebelum nya pemilik lahan minta bantuan dengan media untuk meliput kegiatan penutupan lahan tidak lama datang aparat atau oknum Hs berpakaian sipil dan berambut cepak datang dengan kata kata nanti kuinjak injak kamu dan jangan ada yang memoto lokasi,setelah gak reda pembahasan nya kami diajak kepagar seng yang mana dijadikan warung untuk berkumpul nya sopir dan aparat yang bekerja ditambang ilegal sekitar 4 orang entah dari kesatuan mana

Berdasarkan Investigasi media ini, bukan saja di Kelurahan Margo Mulyo bahkan hampir semua kelurahan ada kegiatan tambang batu bara di Kecamatan Samboja Barat.

Menurut warga sekitar yang jati dirinya tidak mau disebutkan, para penambang masih beroperasi diduga mendapat dukungan dari oknum aparat. Sehingga kegiatan tambang tersebut berjalan lancar.

Untuk masyarakat memohon agar supremasi hukum harus ditegakkan untuk melakukan penertiban, semua elemen yang terlibat. Dan berharap Gakkum dapat melakukan aksinya sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

Ini sangat penting sekali agar Kecamatan Samboja kedepannya tidak menjadi langganan banjir, yang tentunya merusak lingkungan dan masyarakat yang merasakan dampaknya.

 

Pewarta : Deddy Lesmana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *