Nusantara

PJ. Bupati Aceh Selatan Pimpin Rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2025

Admin
290
×

PJ. Bupati Aceh Selatan Pimpin Rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2025

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Aceh Selatan – PJ. Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma S, STP memimpin rapat penyelenggaraan forum konsultasi publik untuk merumuskan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025. Selasa (19/03/2024).

Dalam sambutannya, PJ. Bupati mengungkapkan harapannya agar melalui forum konsultasi publik ini, dapat diperoleh masukan dan saran yang konstruktif terhadap rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah tahun 2025. Masukan tersebut akan menjadi dasar dalam perbaikan rancangan awal tersebut.

Dalam forum ini, beberapa permasalahan dan hal penting yang menjadi fokus pembahasan antara lain adalah laju pertumbuhan ekonomi, persentase penduduk miskin, indeks pembangunan manusia (IPM), dan tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kabupaten Aceh Selatan. PJ. Bupati juga menggarisbawahi tema pembangunan daerah tahun 2025, yaitu “Memantapkan Laju Pertumbuhan Ekonomi Melalui Penguatan Infrastruktur, SDM yang Berkualitas, Komoditi Unggulan Daerah yang Inovatif, dan Ekonomi Kreatif.”

Selain itu, Kabupaten Aceh Selatan juga mencatatkan prestasi sebagai salah satu kabupaten terbaik di Aceh dalam percepatan penurunan stunting pada tahun 2023. Hal ini disampaikan dalam kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat Kampung KB dalam rangka percepatan penurunan stunting di Aceh. PJ. Bupati mengajak semua pihak terkait untuk memanfaatkan momentum ini dengan optimal untuk mendapatkan hasil maksimal, terutama bagi SKPK terkait.

Diharapkan, melalui forum konsultasi publik ini, akan tercipta solusi-solusi yang dapat mengatasi berbagai permasalahan pembangunan yang dihadapi, sehingga cita-cita pembangunan yang diharapkan dapat tercapai.

Adapun Dalam konteks pembangunan tahun 2025, Kabupaten Aceh Selatan telah menetapkan tema yang menggarisbawahi upaya untuk memperkuat laju pertumbuhan ekonomi melalui berbagai strategi, termasuk penguatan infrastruktur, pengembangan SDM yang berkualitas, peningkatan komoditi unggulan daerah yang inovatif, dan dukungan pada sektor ekonomi kreatif.

 

Pertumbuhan ekonomi yang meningkat menjadi 4,20% pada tahun 2023 dari sebelumnya 3,11% pada tahun 2022, menunjukkan tren positif yang perlu dipertahankan. Target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan untuk tahun 2025 adalah sebesar 4,32%.

Selain itu, permasalahan terkait kemiskinan juga menjadi fokus penting. Persentase penduduk miskin di Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2022 mencapai 12,10%, dan target untuk tahun 2025 adalah menurun menjadi 11,70%.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga menjadi perhatian serius. Pada tahun 2023, IPM Kabupaten Aceh Selatan mencapai 71,14%, dengan target meningkat menjadi 71,31% pada tahun 2025. Hal ini menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara menyeluruh.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) juga menjadi sorotan. Pada tahun 2023, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Aceh Selatan mencapai 4,73%, dan target penurunan hingga 3,80% pada tahun 2025.

Dengan adanya forum konsultasi publik ini, diharapkan dapat melahirkan solusi-solusi yang inovatif dan efektif untuk menanggulangi berbagai permasalahan pembangunan yang dihadapi. Semua pihak, termasuk SKPK terkait, diharapkan dapat berperan aktif dalam merumuskan program dan kegiatan yang akan dijalankan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan tahun 2025 guna mewujudkan pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan.tutup nya

 

Pewarta: Rian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *