Nusantara

Bagikan sembako murah, aparatur Gampong laksanakan program ketahanan pangan Tahun 2024 

Admin
232
×

Bagikan sembako murah, aparatur Gampong laksanakan program ketahanan pangan Tahun 2024 

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Aceh Selatan – Dihadiri Wirli Keuchik Lhok Bengkuang Timur beserta perangkatnya, serta perwakilan dari Camat Tapaktuan, Kasie Kesejahteraan Sosial Ibu Siti Rohani Sagala, Fitrial, S.Pd Koordinator Kecamatan Tenaga PP Kementerian Desa, dan Tuha Peut Gampong Lhok Bengkuang Timur, aparatur Gampong melaksanakan program ketahanan pangan Tahun 2024 dengan membagikan sembako murah di Kantor Keuchik Gampong Lhok Bengkuang Timur, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (02/04/2024).

Program ketahanan pangan ini merupakan bagian dari prioritas nasional dalam RPJMN 2020-2024. Untuk memberikan arah, Desa telah menerbitkan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 7 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2022, Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2023, serta Keputusan Menteri Desa nomor 82 Tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan di Desa.

Fitrial, S.Pd, menjelaskan bahwa minimal 20% dari penggunaan dana desa diutamakan untuk mendukung penguatan ketahanan pangan nabati dan hewani. Beberapa langkah penting yang disampaikan adalah memastikan program/kegiatan disepakati dalam musyawarah desa (musdes), masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa), serta RKP Desa dan APB Desa dipublikasikan sesuai peraturan yang berlaku.

Keuchik Lhok Bengkuang Timur, Wirli, menegaskan bahwa program pembagian sembako murah ini didanai oleh dana desa tahun anggaran 2024. Ia menyatakan, “Kami sudah mengadakan rapat bersama perangkat Gampong dan tokoh masyarakat untuk pelaksanaan program ini, jadi jangan ada anggapan bahwa program ini tidak transparan dan hanya kemauan Pak Keuchik. Program pembagian ini sudah disetujui oleh tokoh masyarakat Gampong Lhok Bengkuang Timur.”

 

Pewarta : Rian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *