Nusantara

Pemdes Lebak dapatkan jawaban, Pj, Bupati Lebak janji realisasikan DD dan ADD sebelum Lebaran

Admin
1414
×

Pemdes Lebak dapatkan jawaban, Pj, Bupati Lebak janji realisasikan DD dan ADD sebelum Lebaran

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Rencana aksi ribuan PRADES Lebak batal digelar, setelah sejumla Kepala Desa diundang PJ Bupati Lebak melalui Ketua APDESI Usep. Senin, 01april 2024.

Audiensi yang dihadiri PJ Bupati Lebak, Sekda Lebak, Asda I, Asda ll Kadis DPMD, Kadis PERKIM, Kadis BKAD Lebak, dan di dampingi Calon Ketua DPRD Lebak, Junaedi Ibnu Jarta, serta sejumlah Kepala desa turut hadiri audiensi.

Audiensi berjalan mulus dan menghasilkan kesepakatan janji realisasi Anggaran Dana Desa (ADD), dan Dana Desa (DD) sebelum lebaran.

Tentu hal ini merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi ribuan PRADES, yang sebelumnya ketar-ketir karena lebaran tinggal hitungan jari.

Berjumlah 191 Desa yang honornya sempat tidak di berikan oleh Pemda Lebak, ditambah yang sudah menerima honor sebelumnya sejumlah 149 Desa. Namun setelah ramainya kabar berita di sejumlah media online, jika ribuan PRADES akan Geruduk pendopo kabupaten Lebak, akhirnya per hari Senin 01 April 2024, honor prades di cairkan 153 Desa.

Dari keseluruhan 340 desa di Kabupaten Lebak, yang sudah terima honor sebanyak 302 desa, untuk sisanya 38 desa akan di cairkan hari Selasa 02 April 2024.
Ini luarbiasa sebuah upaya yang benar-benar serius oleh Pemda Lebak, terhadap hak-hak pemdes.

Selasa 01 april 2024, di konfirmasi via chat Wastap, Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Lebak, Usep Pahlaludin, sampaikan secara gamblang terkait hasil audiensi.

“Awalnya saya di hubungi pihak Pemda Lebak hari Senin, sekira pukul 13:00 dan saya diminta untuk duduk bersama oleh pihak Pemda, membahas terkait apa yang menjadi tuntutan kami, guna mencari solusi,”ucap usep.

Lanjut,”Saya beserta sejumlah Kades yang ikut hadiri audiensi, merasa bersyukur karena audiensi mendapatkan kesepakatan yang lebih memihak kepada kami selaku Pemerintah desa,”ungkapnya.

“Apalagi Pak PJ Bupati sudah menyampaikan bahwa, ADD pun akan di realisasikan sebelum lebaran, sehingga apa yang sudah kami rencanakan untuk demo, kami batalkan karena yang kami cari adalah solusi,”jelasnya

Melalui Usep, Calon Ketua DPRD Lebak, sapa’an akrab nya Bg Jun,”Berharap hal semacam ini tidak boleh terulang lagi, karena ini menyangkut perut orang banyak, yang harus sama-sama kita fikirkan bersama, dan menjadi PR kita bersama,”Katanya.

Hal senada juga disampaikan Usep,”Saya berharap agar pemerintah dan intansi terkait, agar lebih bisa memperhatikan hak-hak kami kedepannya, sesuai dengan titah KEMENDES dan instruksi presiden, bahwa honor Pemdes di cairkan sebelum per tanggal lima (5), serta percepatan program-program desa sesuai pengajuan, demi terciptanya pembangunan di desa-desa yang merata,” tutup Usep.

 

Pewarta : Deden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *