Nusantara

Usai akses Silon dibuka, Berkas Penyerahan Dukungan Perseorangan Bapaslon Thurman Hutapea – Ronald Panjaitan diterima KPUD Toba  

Admin
×

Usai akses Silon dibuka, Berkas Penyerahan Dukungan Perseorangan Bapaslon Thurman Hutapea – Ronald Panjaitan diterima KPUD Toba  

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Toba Sumut – Berkas penyerahan dukungan perseorangan bagi Bapaslon Thurman hutapea-Ronald Panjaitan akhirnya diterima KPUD Toba usai akses Silon dibuka bagi Bapaslon tersebut. Akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) telah dibuka KPU bagi Bapaslon ini dalam tenggang waktu 48 jam.

Bacalon Thurman Hutapea mengaku merasa lega setelah berkas dukungan baginya diterima KPUD Toba setelah adanya sengketa pilkada yang disampaikan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Toba pada Sabtu lalu (25/05/2024).

Dalam putusan tersebut, Silon dibuka bagi Bapaslon tersebut selama 48 jam guna penginputan data ke Silon.

Bacalon Bupati Toba Thurman Hutapea didampingi sejumlah tim dan simpatisan sambangi Kantor KPUD Toba pada hari ini, Senin (26/5/2024) sore.

“Terima kasih kepada KPU Toba yang telah melaksanakan hasil sengketa pemilihan bupati dan wakil bupati di Toba yang kita laporkan kepada Bawaslu Toba. Kita diberi akses untuk menginput data atau dokumen dukungan perseorangan yang sudah kita kumpulkan ke silon,” ujar Thurman Hutapea saat dikonfirmasi di Kantor KPUD Toba.

Disebutkan, Pihaknya diberi waktu selama 48 jam untuk mengisi data dukungan ke Silon yang aksesnya sudah dibuka oleh KPU RI.

“Waktu yang diberikan kepada kita untuk mengakses silon 48 jam. Dan sebelum waktunya habis, kita sudah menginput data dukungan tersebut,” ujarnya.

Ia jg menyebutkan, data yang dimasukkan ke silon sekitar 19 ribuan. Artinya, data tersebut berada diatas jumlah dukungan persyaratan minimal yakni 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jumlah data dukungan perseorangan yang kita masukkan ada sebanyak 19.319 data. Dengan demikian, persyaratan sudah kita penuhi,” sambungnya.

Ia berharap, data yang sudah dimasukkan pada silon dinyatakan lulus pada verifikasi administrasi.

“Kita masih menunggu tahapan pilkada yakni verifikasi administrasi (vermin) pada tanggal 29 Mei 2024. Kita berharap, kita dapat melangkah ke tahap yang berikutnya.Selanjutnya, kita berharap masyarakat yang telah memberikan dukungan tetap setia apalagi nanti ketika verifikasi faktual. Ketika dilakukan verifikasi faktual, masyarakat yang diverifikasi tetap pada dukungannya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Toba Sugar Sibarani menjelaskan, pihaknya telah menerima dua bapaslon yang menyerahkan dukungan perseorangan untuk pilkada di Toba tahun 2024

“Dengan diterimanya berkas dukungan perseorangan dari bapaslon Thurman Hutapea – Ronald Panjaitan, jadi ada dua bapaslon yang menyerahkan dukungan perseorangan dalam pilkada kali ini di Toba,” Sebut Sugar Sibarani.

Untuk selanjutnya, pihak KPUD akan lakukan verifikasi administarasi yang berakhir pada tanggal 29 Mei 2024.

“Seharusnya, akses Silon bagi Bapaslon ini ditutup pada hari ini pukul 23.00 WIB karena kita buka pada jam yang sama di tanggal 25 Mei 2024,” pungkasnya.

 

Pewarta : Abdi. S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *